Apakah Honda Super Cub Akan Masuk Ke Pasar Indonesia ?

Honda tengah berencana untuk membangkitkan kembali motor dengan model Super Cub secara global. Motor Super Cub adalah motor dengan gaya retro khas tahun 80an yang sangat legendaris. Motor ini telah dijual di Thailand dan dibanderol dengan harga 47.000 Bath atau sekitar 20 jutaan.

Banyak pihak yang mempertanyakan terkait kapan motor jenis ini dipasarkan di Indonesia. Melihat banyaknya pertanyaan yang masuk, pihak Honda akhirnya memberikan penjelasan terkait masalah tersebut.

“Jika kalian pernah mengecek, kalian tentu tahu berapa persen kontribusi motor bebek yang ada di negara Thailand. Disana pasar untuk motor bebek sangat besar, bahkan mencapai 30 hingga 40 persen, sedangkan di Indonesia hanya 10 persen saja. Jadi kalau ditanya kapan masuk, kami akan masukkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kalau tidak ada peminat, kami tidak akan masukkan ke pasar Indonesia,” ungkap Thomas Wijaya selaku Direktur Marketing PT Astra Honda Motor ( AHM ).

Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI ), perkataan yang diucapkan oleh Thomas memang benar adanya. Untuk penjualan motor bebek pada kuartal pertama 2018 hanya mencapai 239.635 unit atau sekitar 7.98 persen saja. Tentunya angka yang sangat kecil ini akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi AHM untuk memasukkan motor Super Cub tersebut.

Jika kita membahas diluar dari permintaan konsumen yang sangat rendah, motor Honda Super Cub merupakan motor dengan gaya retro yang sangat ciamik. Motor ingi mengingatkan kita bagaimana kerennya motor di jaman 80 hingga 90 an. Sebenarnya di Indonesia sendiri ada banyak pecinta motor retro, sayangnya permintaan yang masuk tidak sebanding dengan target yang diinginkan oleh Honda. Melihat minimnya permintaan pasar, pihak AHM menjelaskan bahwa kemungkinan besar Honda Super Cub tidak akan masuk ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *