Pernah Lihat Rambut Kecil Pada Ban Kendaraan ? Apa Ya Gunanya ?

Saat membeli ban baru ataupun kendaraan baru, tentunya kita akan selalu menemukan adanya rambut-rambut kecil pada bagian ban. Menariknya, banyak pihak yang beranggapan jika komponen rambut kecil tersebut mempengaruhi performa dari ban itu sendiri. Lalu, apakah hal ini memang benar adanya ataukah hanyalah hoax semata ?

Deni Arief Pribadi selaku Department Manager Training and Product Evaluation PT Birdgestone Tire Indonesia  ( BSIN ) menjelaskan bahwa rambut-rambut kecil pada ban tersebut sebenarnya tidak memiliki kegunaan. Bahkan rambut tersebut juga tidak berpengaruh terhadap performa kendaraan. Rambut-rambut kecil yang ada pada ban tersebut terbentuk saat ban masih dalam proses produksi. Deni menjelaskan bahwa rambut tersebut merupakan bekas dari jalur keluar udara ketika ban diproduksi.

Saat bahan baku karet dimasukkan kedalam cetakan ban, bahan tersebut akan diberikan tekanan untuk mengisi setiap celah yang ada pada cetakan. Untuk memastikan semua celah tersebut sudah terisi dengan penuh dan merata, tentunya udara yang tadi dimasukkan harus dikeluarkan terlebih dahulu. Jalur keluar udara pada saat pencetakan ban disebut sebagai Stew. Nah rambut-rambut kecil tersebut merupakan sisa dari udara yang dikeluarkan melalui stew.

“Itu dinamakan dengan stew. Biasanya ada di cetakan. Gunanya untuk membuang udara agar cetakan terisi sempurna,” jelas Deni.

Meskupun rambut-rambut kecil tersebut tidak memiliki fungsi dan kegunaan, namun kita bisa tahu ban tersebut baru atau tidak dari rambut tadi. Ini dikarenakan pada ban lama, rambut tersebut akan habis tergerus ketika digunakan sehingga jika kalian membeli ban baru dan rambut-rambut ini masih ada, itu berarti ban yang kalian beli memang merupakan ban yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *