Motor Overheat ? Cari Tahu Cara Mengatasinya Yuk

Sama hal nya dengan mobil, motor juga bisa mengalami overheat. Jika motor sudah mengalami overheat, maka motor akan terlihat seperti tidak bertenaga.

Menurut lansiran pihak Honda Cengkareng, biasanya motor yang mengalami overheat, motor tidak akan melaju sesuai dengan tarikan gas yang kita ambil.

Overheat adalah suatu kondisi dimana mesin mengalami peningkatan suhu diluar batas normal. Biasanya hal ini terjadi akibat sirkulasi mesin yang terhambat. Terkadang sistem pendingin mesin juga mengalami gangguan sehingga tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Jika motor kalian mengalami overheat, coba kalian periksakan beberapa part berikut ini untuk mencegah mesin overheat dikemudian hari.

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah oli. Biasanya orang akan malas mengganti oli. Padahal oli sangat berguna untuk sistem pendinginan mesin. Selain itu oli juga berperan sebagai pelumas sehingga gesekan yang terjadi pada mesin dapat berkurang sehingga mengurangi panas yang timbul. Oli harus secara rutin diganti agar proses pelumasan tidak terhambat.

Oli yang digunakan juga harus disesuaikan dengan tipe motor yang dimiliki. Misalnya saja kalian memiliki motor sport, jangan gunakan oli untuk motor matic begitu juga sebaliknya.

Selain itu coba periksa cairan pendingin pada motor. Biasanya bengkel motor akan menyebut bagian ini sebagai water coolant. Cairan ini nantinya akan dialirkan ke bagian radiator dan akan membantu mendinginkan mesin. Biasanya cairan pendingin sering berkurang namun tidak disadari. Jadi jika sudah menempuh perjalanan yang jauh, tidak ada salahnya untuk memeriksa bagian ini.

Selain itu kita juga perlu memeriksa kinerja kipas radiator yang ada pada motor. Kipas radiator berfungsi untuk memberikan aliran udara. Aliran udara ini juga berguna untuk mendinginkan mesin. Seringkali kipas radiator bermasalah sehingga proses pengaliran udara menjadi terganggu dan mengakibatkan overheat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *