Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Bekerja Dengan Optimal

Ketika mengendarai mobil, ada banyak faktor yang dapat mendukung kenyamanan berkendara, salah satunya adalah AC yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam mobil. Namun tidak jarang kita merasa bahwa AC yang sedang menyala justru tidak mengeluarkan hawa dingin dan memiliki aroma yang tidak sedap. Untuk menghindari kerusakan pada AC mobil, kalian bisa melakukan tips berikut ini.

Hal paling dasar yang perlu kalian lakukan adalah membersihkan kabin. Mengapa ? Karena debu dan kotoran yang ada pada kabin mobil dapat mempengaruhi kinerja AC didalam mobil. Daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah bagian karpet jok depan. Bagian ini berada paling dekat dengan AC sehingga harus menjadi concern utama ketika membersihkan kabin mobil.

Terkadang ada pengendara yang membuka jendela ketika menyalakan AC, sebenarnya hal ini bisa merusak AC loh ! Pasalnya ketika pengendara membuka jendela, debu dan kotoran dari luar akan ikut terhisap sehingga AC pada mobil akan lebih cepat rusak.Selain itu kotoran yang menempel pada AC juga berpotensi mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Jangan merokok didalam mobil terlebih ketika AC sedang dalam kondisi menyala. Asap yang mengandung nikotin dapat mengotori evaporator sehingga membuat AC menjadi berlendir dan mengeluarkan aroma yang tidak enak.

Ketika baru menyalakan mesin mobil, alangkah baiknya untuk tidak menyalakan AC terlebih dahulu. Biarkan mesin berjalan dengan stabil, setelah itu barulah AC boleh dinyalakan. Hal ini berlaku untuk mobil yang jarang digunakan, namun untuk mobil yang digunakan sehari-hari, tips ini juga dapat digunakan untuk merawat umur AC pada mobil.

Dan yang terakhir adalah rutin memeriksakan kesehatan kendaraan paling tidak sebulan sekali. Hal ini dilakukan agar kinerja mesin yang ada pada mobil dapat tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *