Apa Yang Menyebabkan Tarikan Gas Pada Motor Matic Jadi Berat ?

Belakangan ini, popularitas motor matic kian meningkat. Selain lebih nyaman untuk dikendarai, motor matic juga lebih murah. Motor matic juga lebih user friendly untuk pengendara wanita sehingga banyak wanita yang memilih menggunakan motor matic ketimbang motor bebek. Namun, kalian juga perlu tahu penyakit yang sering menyerang motor matic.

Masalah yang paling sering terjadi adalah tarikan gas yang berat. Pernah bukan kita merasakan tarikan gas pada saat motor matic baru dibeli jauh lebih ringan dan enteng ketimbang motor matic yang sudah lama ? Perlu kalian tahu, performa dari motor matic sangat bergantung pada tarikan gas. Jika kita lalai dalam merawat motor matic, bisa-bisa tarikan gas pada motor matic menjadi sangat berat.

Biasanya tarikan gas yang berat disebabkan oleh filter udara yang tersumbat. Filter udara yang bersih akan memungkinkan penyaringan udara ke ruang bahan bakar menjadi lancar sehingga tarikan gas lebih mudah untuk dilakukan. Jika filter udara sudah tersumbat, maka hal yang akan terjadi adalah sulitnya menaikkan RPM motor matic yang dikendarai.

Untuk mengatasi masalah ini juga sangat mudah. Kalian hanya perlu mengecek filter udara secara rutin, bisa dua minggu sekali ataupun sebulan sekali. Seiring berkembangnya waktu, filter udara semakin berkembang, jika dulu filter udara harus sering dibersihkan, sekarang ada filter udara basah yang harus diganti ketika sudah kotor. Positifnya adalah filter udara menjadi lebih bersih sehingga motor dapat bekerja dengan optimal, namun sisi negatifnya adalah kalian harus mengeluarkan uang lebih untuk mengganti filter udara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *