Cara Mengatasi Diare Dengan Bahan Alami Di Rumah

Cara Mengatasi Diare Dengan Bahan Alami Di Rumah

Pada dasarnya, diare bisa terjadi karena makanan yang kita konsumsi sudah terkontaminasi oleh bakteri, kotoran, kuman, dan racun. Gejala yang di timbulkan dari diare juga beragam, mulai dari kembung, mulas, hingga muncul keinginan buang air besar terus menerus.

Oleh sebab itu, mengatasi diare secepat mungkin saat kamu mengalaminya sangat penting. Nah, cara mengatasi diare cukup mudah di lakukan seperti beberapa cara di bawah ini yang ampuh untuk atasi diare.

1. Minum teh manis

Teh hitam yang di seduh dengan dan di tambahkan gula ternyata bisa membantu untuk mengatasi diare. Hal ini di sebabkan karena penggunaan air panas untuk menyeduh teh ini dapat membuat tubuh secara otomatis melakukan rehidrasi. Selain itu, astringen tanin yang terdapat dalam teh hitam berfungsi membantu mengurangi peradangan usus yang menjadi salah satu penyebab dari diare.

2. Minum banyak air

Orang yang mengalami diare biasanya akan kehilangan lebih banyak cairan tubuh dan mineral. Oleh sebab itu, kamu sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak cairan ketika kamu mengalami diare. Minimal kamu harus minum 2-3 liter air putih dalam satu hari, kamu juga bisa memenuhi asupan cairan tubuh kamu dengan mengkonsumsi buah,sup dan kaldu.

3. Konsumsi bubur wortel

Wortel adalah salah satu jenis bahan makanan yang bermanfaat dan mengandung pektin yang di butuhkan tubuh. Untuk mengatasi gejala diare, wortel bisa menjadi salah satu solusinya. Cara mengatasi diare dengan wortel sangat mudah kamu bisa menghaluskan wortel lalu di masak menjadi sup atau bubur. Konsumsi setengah mangkuk bubur wortel  bisa membantu mengatasi diare.

4. Makan yoghurt

Ternyata selain memiliki vitamin dan tinggi protein, yoghurt juga mampu membantu mengatasi diare dengan efektif. Sebab, bakteri baik yang ada dalam yoghurt sangat berperan penting untuk melawan bakteri jahat yang ada di dalam usus yang di mana bakteri hajat tersebut merupakan sumber penyebab terjadinya infeksi usus.

Akan tetapi, sebelum kamu mengkonsumsi yoghurt sebaiknya kamu memastikan dahulu bahwa kamu tidak memiliki alergi terhadap yoghurt. Karena alergi yang kamu alami akan membuat diare kamu semakin parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *