Tangki Motor Bocor ? Jangan Panik !

Tidak dapat dipungkiri, motor menjadi transportasi utama penduduk Indonesia. Selain harganya yang terbilang murah dan terjangkau, motor juga lebih efisien untuk melahap jalanan perkotaan yang macet. Namun bagaimanapun kita merawat motor yang kita miliki, kerusakan pasti akan terjadi, entah itu pada bagian mesin ataupun komponen kendaraan lainnya. Salah satunya adalah tangki bahan bakar yang bocor.

Tangki bahan bakar pada motor yang bocor sangatlah berbahaya. Pasalnya jika terkena percikan api, bukan tidak mungkin motor dapat terbakar. Sebenanrya apa sih yang menyebabkan tangki bahan bakar menjadi bocor ? Ternyata air adalah penyebab utamanya, loh kok bisa ? Air yang masuk melalui mulut tangki bahan bakar secara terus meneurs, maka lama-kelamaan air tersebut akan mengendap didasar tangki. Plat tangki akan mengalami keropos sehingga tangki menjadi bocor.

Menurut lansiran Mount Guard Custom, ada beberapa benda yang dapat digunakan sebagai penanganan tangki bahan bakar yang bocor. Para pemilik motor hanya perlu menyiapkan epoxy, detergen dan juga kelereng.

Pertama-tama kita harus melepaskan tangki kendaraan, diamkan hingga kering lalu masukkan detergen kedalam tangki. Masukkan air hingga mencapai setengah tangki, lalu masukkan kelereng.

Kocok tangki yang sudah diisi air, detergen, dan kelereng hingga bagian dalam tangki menjadi bersih. Jika sudah bersih, keringkan tangki dibawah terik matahari. Jika sudah kering, gunakan epoxy yang sudah disiapkan tadi. Hal ini digunakan untuk menyerap sisa-sisa air yang ada agar tangki menjadi bersih. Setelah itu tangki bisa digunakan kembali, mudah bukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *