Penjualan Mobil Tertinggi Periode Januari-April 2019

Penjualan Mobil Tertinggi Periode Januari-April 2019

Penjualan whole sales di Indonesia periode Januari hingga April 2019 mencapai 494.917 unit. Angka yang tercatat tersebut membuktikan adanya peningkatan positif hingga 5.62 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 silam.

Berdasarkan data yang dilansir oleh pihak Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo ), produk keluaran Mitsubishi masih merajai pasar mobil tanah air dengan Mitsubishi Xpander. Total penjualan Xpander yang tercatat dari bulan Januari hingga April 2019 mencapai angka 36.670 unit.

Dengan total angka yang diraih oleh Mitsubishi, itu berarti Xpander menguasai pasar otomotif tanah air hingga 7.41 persen. Rata-rata penjualan Xpander setiap bulannya berada di angka 7.300 unit.

Untuk posisi kedua masih ditempati oleh pesaing Xpander, yakni Toyota Avanza. Mobil keluaran Toyota tersebut mencatatkan whole sales di angka 34.810 unit dengan market share mencapai 7.03 persen, berbanding tipis dengan Mitsubishi Xpander.

Dibelakang kedua mobil tadi ditempati oleh Calya dari Toyota. Total pengiriman yang tercatat dari bulan Januari hingga Mei adalah 28.229 unit atau sekitar 5.70 persen. Toyota Innova berada di posisi keempat dengan torehan angka 24.334 unit atau seitar 4.92 persen lalu diikuti oleh Sigra dengan total penjualan 22.322 unit atau sekitar 4.51 persen.

Melihat lima mobil yang menempati posisi teratas dapat disimpulkan bahwa pasar Indonesia lebih menyukai model mobil MPV dengan kapasitas 7 penumpang. Minat masyarakat terhadap mobil tersebut memang tidak lepas dari harga yang terjangkau untuk mobil sekelas MPV. Pemerintah juga tidak memberatkan pengguna karena pajak yang harus dibayarkan tergolong ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *