Hentikan Penggunaan Oli Oplosan Pada Mobil, Bahaya !

Hentikan Penggunaan Oli Oplosan Pada Mobil, Bahaya !

Di Indonesia sendiri, mobil masih menjadi alat transportasi darat yang paling digemari. Alasannya cukup sederhana, karena dapat memuat lebih banyak orang ketimbang motor. Mobil sendiri menjadi alat bantu untuk menunjang setiap kegiataan operasional sehari-hari. Melihat pentingnya mobil dalam menunjang kegiatan harian, tentunya mobil juga membutuhkan perawatan yang tepat, salah satunya adalah penggantian oli.

Sayangnya tidak sedikit pemilik kendaraan yang melakukan perawatan yang seadanya. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya menggunakan oli oplosan karena memiliki harga yang lebih murah ketimbang oli biasa. Sayangnya ada bahaya yang menanti jika mobil terus menerus diberi oli oplosan.

Sebagai contoh saja, manusia membutuhkan air minum agar dapat terhindar dari panas dan tetap terhidrasi dengan baik, sama halnya dengan mobil. Selain bensin, minuman lain untuk mobil adalah oli.

Hasil gambar untuk oli mesin

Manusia yang jarang diberi minum tentu akan mengalami banyak masalah kesehatan, apabila mobil tidak diberi oli yang baik, maka mesin mobil dapat mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan zat yang ada pada oli oplosan akan membuat komponen mesin yang ada pada mobil tidak bekerja secara optimal.

Oli sendiri berguna sebagai pelumas untuk memudahkan mesin dalam bekerja. Pelumas ini berfungsi sebagai pengurang gesekan. Jika oli yang digunakan merupakan oli berkualitas rendah, justru gesekan yang terjadi tidak akan maksimal dan berujung pada rusaknya mesin yang ada pada mobil.

Selain itu oli juga berfungsi untuk mencegah overheat pada mobil. Oli juga mampu menekan angka korosi pada mesin. Jadi bagi kalian yang ingin melakukan perawatan dan pergantian oli, jangan sampai menggunakan oli oplosan. Jangan karena murah, mesin mobil justru menjadi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *