Perbedaan Antara Oli Mineral Dengan Oli Sintetik

Perbedaan Antara Oli Mineral Dengan Oli Sintetik

Salah satu hal yang membingungkan bagi pemilik kendaraan adalah pemilihan oli antara oli sintetik dan oli mineral. Sebenarnya mana yang lebih baik diantara kedua oli tersebut ?

Sebenarnya hingga saat ini masih banyak yang belum paham tentang kedua jenis oli ini. Oli mineral merupakan oli yang dibuat dengan bahan minyak bumi, sedangkan untuk oli sintetik dibuat dengan bahan minyak bumi yang sudah diolah terlebih dahulu dengan tujuan menghilangkan sifat-sifat yang tidak diinginkan.

Ini berarti oli sintetik memiliki tingkat kebersihan yang jauh lebih tinggi ketimbang oli mineral. Namun oli sintetik juga terdapat campuran bahan kimia buatan yang sudah diformulasikan sedemikian rupa agar dapat sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Selain sintetik dan mineral, oli yang sering ditemukan di Indonesia juga ada oli semi sintetik, yakni oli yang dibuat dengan bahan sintetik yang dikombinasikan dengan campuran mineral minyak bumi.

Product Development and Technical Support TOP1 Indonesia, Joransyah menjelaskan bahwa oli sintetik memiliki formula yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan oli mineral.

Salah satu produk oli sintetik yang diluncurkan TOP1 adalah TOP1 HP Sport Fully Synthetic yang diklaim memiliki kelebihan yang lebih mantap jika dibandingkan dengan oli mineral. Selain karena usia pakai yang lebih lama, oli sintetik juga mampu melindungi mesin dari oksidasi dan temperatur tinggi.

Joransyah juga menjelaskan bahwa tidak semua kendaraan cocok menggunakan oli sintetik. Untuk kendaraan yang masih menggunakan mesin dan teknologi lama, sangat disarankan untuk menggunakan oli mineral yang tingkat kekentalannya lebih tinggi ketimbang oli sintetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *