Kumpulan Resep Makanan Lezat dan Enak

Udah lama gak masak keladi , pas ke pasar lihat Abang jual keladi langsung beli. Ini di tumis terasi enakk. Ada yg suka keladi kah bu ibu? Salam sehat dan tetap semangat.

Tumis keladi terasi

3 ikat keladi di bersihkan kupas tipis kulitnya cuci lalu di celor/direbus sebentar lalu tiriskan
( kulitnya harus di kupas ya kalau gak bisa gatel )

Bumbu halus
Segemgam cabe keriting merah + rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm terasi

Gula dikit
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan keladi aduk rata tuang air secukupnya , penyedap rasa,masak sampai empuk dan air menyusut angkat.

Pertama kali bikin choipan harap maklum bentuknya gak karuan, tapi rasanya uenaaakkk bangeetttt. Berkat resep say essy gw memberanikan diri bikin choipan hahhaha. Kamsia say akhirnya jadi juga nich choipannya.

Choipan homemade

Jadinya 36 buah

100 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
2 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
200 ml air

Campur semua bahan aduk rata, kemudian masak dengan api kecil aduk aduk sampai adonan menggumpal lalu ulenin panas panas sampai adonan kelihatan mengkilat dan licin pipihkan gilas bentuk lingkaran ato di cetak pakai tutup gelas besar,jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, biar gak lengket lumurin dengan tepung sagu.
Lalu isi bangkuang tutup tekan pinggirnya tata di dangdang seblom kukus ciprat dengan air choipan nya baru kukus selama 10 menit. Setelah matang kasih minyak bawang putih di atasnya.

Isian
Bangkuang secukupnya potong tipis
Bawang putih cincang
Udang kering
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bawang putih sampai wangi masukan udang kering aduk sampai wangi baru masukan bangkuang dan penyedap masak sampai bangkuang layu angkat.

Pempek udang
1 kg udang udah kupas ya
1 btr telur putih
3 siung bawang putih haluskan
300 ml air es
1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
-+ 500 gr tepung sagu

Blender udang, bawang putih, telur, gula, kaldu jamur, garam, air. Setelah ke campur rata tuang ke wadah tuang sagu nya aduk cepat, jangan lama2 ya bisa keras.

Didihkan air tuang sedikit minyak dan garam
Bentuk pempek kedua tangan di beri sagu gilas di talenan masukan ke air mendidih setelah mengapung angkat.

Jika Kangen Makan di Restoran Tinggal Masak Sendiri Dirumah

Caipo manis

1/4 kg caipo manis
1 ons samcan iris tipis
1 bh tahu kuning potong2 goreng sebentar aja tiriskan
3 siung bawang putih cincang halus

Gula
Kaldu jamur
Saos tiram
Kecap manis
Sedikit garam
Lada

Panaskan wajan masukan irisan daging samcan aduk sampai minyaknya keluar dan samcan agak kekuningan angkat tiriskan.
Tumis bawang putih dengan minyak samcan sampai wangi masukan samcan, caipo aduk rata masukan tahu kuning dan semua bumbu tes rata , manis ,gurih masak sampai kering dan matang angkat.

Sambel mangga

2 bh mangga muda ato mangga Indramayu mengkel iris iris tipis
Cabe setan
Cabe merah keriting
Terasi bakar
Gula
Garam

Tumbuk cabe , terasi campur garam, gula.
Tuang ke mangga aduk rata tes rasa asem, manis, pedas nano nano dech, diamkan sesaat biar mangga meresap siap di hidangkan.

Chaulo / keong nenek

1.1/2 keong nenek cuci bersih bilas berkali kali sampai pasir nya ilang lalu potong ujung nya supaya gampang di sedot
1 ruas lengkuas keprek
600 ml air
Beberapa potong talas bisa skip ya

Bumbu halus
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm tauco Medan
Segemgam cabe merah keriting
10 bh rawit merah
1 ruas jahe

Kaldu jamur
Gula
Lada

Tumis bumbu halus dan lengkuas sampai bner bner wangi baru masukan talas,keong nenek, air dan penyedap.
Masak sampai air agak menyusut dan keong matang angkat.
Sajikan hidangan pada mangkok.

Semur kentang tahu telur

2 tahu putih belah 4 goreng
6 bh telur rebus kupas kulit
3 bh kentang potong potong
1 btng serei keprek
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas keprek
Kecap manis menurut selera
Saos tiram
1 sdm santan kental
Air secukupnya

Bumbu halus
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 bh kemiri
1/2 btr biji pala

Gula dikit
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus, serei, lengkuas,daun salam sampai wangi baru masukan kentang, tahu, telur, air dan bumbu bumbu yg lain
Tes rasa, masak sampai kentang empuk dan air nya agak kering angkat
Selamat mencoba!

Gunakan Fibercreme Pengganti Santan yang Sehat

OPOR AYAM NO SANTAN

Walau bukan hari lebaran tak ada salahnya kan masak opor ayam hehe.
Masak dengan porsi sedikit karena di rumah hanya berempat.
Opor ayam tanpa santan, sebagai penggantinya saya pakai fiber creme
Lebih enak dan sehat.

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung
2 daun salam
1 Sereh, geprek
Seruas kecil lengkuas, geprek
3 daun jeruk
5 sdm fiber creme
Air Secukupnya
Garam
Gula
Penyedap rasa.

Bumbu halus :
8 bawang merah
4 bawang putih
3 buah kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jintan bubuk

Cara :
Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serei. Tumis dengan api kecil supaya wanginya bumbu lebih keluar.
Masukan ayam masak hingga berubah warna, tambahkan air, lalu garam, gula, penyedap.
Masak hingga air agak menyusut, lalu masukan Fibercreme
Masak lagi hingga ayam empuk dan meresap,  koreksi rasa lalu angkat.

CREAMY, GURIH, ENAK
Pasta Keju untuk sarapan cc.
Bikinnya mudah.

Bahan :
200gr pasta spiral rebus hingga empuk tiriskan.
1buah bawang bombai uk.kecil cincang halus
2buah bawang putih cincang halus
10 buah jamur merang
10 buah udang kupas
30grm keju parut
170ml air
3sdm fiber creme sebagai pengganti susu, rasanya yummy creamy dan sehat.
Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya
1/2 sdt lada bubuk
1/4 sdt daun basil kering.
2 sdm margarin untuk menumis

Cara :
Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
Masukan jamur dan udang aduk2,
Masukan pasta kemudian air,fiber creme, keju, kaldu bubuk, lada bubuk dan daun basil.
Masak sebentar lalu angkat dan sajikan.

BOBA BIJI SALAK.
Enak kenyal2 manis gurih, No santan sebagai gantinya aku pakai fiber creme
Jadi lebih sehat. .
Bahan Boba :
Tepung sagu + gula aren bubuk (sesuai selera) + pasta mocca campur rata semua bahan, lalu tuang air hangat sedikit2 sampai bisa di ulenin lalu bentuk bulat2 kecil hingga adonan habis dan rebus hingga matang.
Angkat tiriskan lalu rendam di gula merah cair.

Bahan biji salak.
500gr ubi jalar kuning kukus hingga lembut dan haluskan
110 gr tepung sagu
1,5sdm gula halus
Cara :
Campur ubi dengan gula halus hingga rata lalu masukan sagu sambil uleni hingga kalis.
Bentuk adonan sesuai selera dan
Rebus hingga matang .

Bahan kuah
500ml air
100grm gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanila bubuk
1sdm tepung maizena
Supaya lebih Sehat dan no kolesterol aku ganti santan dengan fiber creme takaran pakai 6sdm
Cara :
Campur semua bahan, lalu masak hingga mendidih.

Penyajian:
Campurkan biji salak dengan bahan kuah , tuang dimangkok dan atasnya ditambahkan boba gula aren.
Rasanya enak gurih yummy sehat.