Kumpulan Resep Makanan Lezat dan Enak

Udah lama gak masak keladi , pas ke pasar lihat Abang jual keladi langsung beli. Ini di tumis terasi enakk. Ada yg suka keladi kah bu ibu? Salam sehat dan tetap semangat.

Tumis keladi terasi

3 ikat keladi di bersihkan kupas tipis kulitnya cuci lalu di celor/direbus sebentar lalu tiriskan
( kulitnya harus di kupas ya kalau gak bisa gatel )

Bumbu halus
Segemgam cabe keriting merah + rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm terasi

Gula dikit
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan keladi aduk rata tuang air secukupnya , penyedap rasa,masak sampai empuk dan air menyusut angkat.

Pertama kali bikin choipan harap maklum bentuknya gak karuan, tapi rasanya uenaaakkk bangeetttt. Berkat resep say essy gw memberanikan diri bikin choipan hahhaha. Kamsia say akhirnya jadi juga nich choipannya.

Choipan homemade

Jadinya 36 buah

100 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
2 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
200 ml air

Campur semua bahan aduk rata, kemudian masak dengan api kecil aduk aduk sampai adonan menggumpal lalu ulenin panas panas sampai adonan kelihatan mengkilat dan licin pipihkan gilas bentuk lingkaran ato di cetak pakai tutup gelas besar,jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, biar gak lengket lumurin dengan tepung sagu.
Lalu isi bangkuang tutup tekan pinggirnya tata di dangdang seblom kukus ciprat dengan air choipan nya baru kukus selama 10 menit. Setelah matang kasih minyak bawang putih di atasnya.

Isian
Bangkuang secukupnya potong tipis
Bawang putih cincang
Udang kering
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bawang putih sampai wangi masukan udang kering aduk sampai wangi baru masukan bangkuang dan penyedap masak sampai bangkuang layu angkat.

Pempek udang
1 kg udang udah kupas ya
1 btr telur putih
3 siung bawang putih haluskan
300 ml air es
1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
-+ 500 gr tepung sagu

Blender udang, bawang putih, telur, gula, kaldu jamur, garam, air. Setelah ke campur rata tuang ke wadah tuang sagu nya aduk cepat, jangan lama2 ya bisa keras.

Didihkan air tuang sedikit minyak dan garam
Bentuk pempek kedua tangan di beri sagu gilas di talenan masukan ke air mendidih setelah mengapung angkat.

Jika Kangen Makan di Restoran Tinggal Masak Sendiri Dirumah

Caipo manis

1/4 kg caipo manis
1 ons samcan iris tipis
1 bh tahu kuning potong2 goreng sebentar aja tiriskan
3 siung bawang putih cincang halus

Gula
Kaldu jamur
Saos tiram
Kecap manis
Sedikit garam
Lada

Panaskan wajan masukan irisan daging samcan aduk sampai minyaknya keluar dan samcan agak kekuningan angkat tiriskan.
Tumis bawang putih dengan minyak samcan sampai wangi masukan samcan, caipo aduk rata masukan tahu kuning dan semua bumbu tes rata , manis ,gurih masak sampai kering dan matang angkat.

Sambel mangga

2 bh mangga muda ato mangga Indramayu mengkel iris iris tipis
Cabe setan
Cabe merah keriting
Terasi bakar
Gula
Garam

Tumbuk cabe , terasi campur garam, gula.
Tuang ke mangga aduk rata tes rasa asem, manis, pedas nano nano dech, diamkan sesaat biar mangga meresap siap di hidangkan.

Chaulo / keong nenek

1.1/2 keong nenek cuci bersih bilas berkali kali sampai pasir nya ilang lalu potong ujung nya supaya gampang di sedot
1 ruas lengkuas keprek
600 ml air
Beberapa potong talas bisa skip ya

Bumbu halus
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm tauco Medan
Segemgam cabe merah keriting
10 bh rawit merah
1 ruas jahe

Kaldu jamur
Gula
Lada

Tumis bumbu halus dan lengkuas sampai bner bner wangi baru masukan talas,keong nenek, air dan penyedap.
Masak sampai air agak menyusut dan keong matang angkat.
Sajikan hidangan pada mangkok.

Semur kentang tahu telur

2 tahu putih belah 4 goreng
6 bh telur rebus kupas kulit
3 bh kentang potong potong
1 btng serei keprek
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas keprek
Kecap manis menurut selera
Saos tiram
1 sdm santan kental
Air secukupnya

Bumbu halus
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 bh kemiri
1/2 btr biji pala

Gula dikit
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus, serei, lengkuas,daun salam sampai wangi baru masukan kentang, tahu, telur, air dan bumbu bumbu yg lain
Tes rasa, masak sampai kentang empuk dan air nya agak kering angkat
Selamat mencoba!

Resep Makanan Kreatif Bikin Nggak Bosen

Udang mix cumi tauco

10 udang besar
1 ekor cumi besar
2 papan pete
5 bh jagung muda
1 bh tahu putih potong goreng bentar
5 bh cabe merah keriting
10 bh cabe kriting ijo iris
5 bh rawit merah iris
Tomat 1 bh iris
3 siung bawang merah iris
2 siung bawang putih cincang kasar
1 sdm tauco medan
Daun salam
Lengkuas
1 sdm saos tirem
2 sdm air asam Jawa

Gula
Kaldu jamur
Lada
Garam bila perlu

Tumis duo bwng , daun salam, laos ,tomat,cabe,sampai berubah warna masukan udang,cumi,jagung, tahu,tauco, saus tirem, kasih air secukupnya, air asam,kaldu jamur, gula dikit, garam dikit, lada masak sampai air agak menyusut masukan pete aduk2 bntar angkat.

Cumi tim thai

4 ekor cumi cuci bersih seset seset badannya jangan sampai putus tiriskan

Sedikit jahe cincang halus
2 bh akar daun ketumbar cincang halus

Sisa daun ketumbar cincang kasar

Di mangkok
4 siung bawang putih cincang kasar
1 sdm gula merah haluskan
1 sdm gula
2 sdt kaldu jamur
2 sdm kecap ikan thai
2 sdm kecap asin
3 sdm air
3 bh jeruk nipis peras airnya
Lada
5 bh rawit merah cincang kasar
5 bh rawit ijo cincang kasar
Sebagian daun ketumbar yg sudah di cincang
Aduk rata

Masukan jahe cincang dan akar ketumbar ke cumi kukus 10 menit setelah itu buang air cumi, sisakan sedikit saja

Panaskan teplon masukan bumbu yg didalam mangkok sampai gula larut lalu tuang ke cumi tambahkan sisa daun ketumbar.
Siap dihidangkan
Selamat mencoba!

Ayam bakar taliwang

1 ekor ayam kampung
2 buah jeruk nipis
ayamnya cuci bersih lumurin jeruk nipis tiriskan, tumbuk dagingnya pakai botol ato ulekan biar bumbunya meresap

6 lembar daun jeruk sobek sobek
1 sdm makan gula merah yg sudah di haluskan
Kaldu jamur
Garam
Gula pasir
Lada
1 liter air ato lebih

Bumbu halus
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Segemgam rawit merah + cabe keriting merah
2 ruas kencur
1/2 sdm terasi
1/2 ruas jahe
3 btr kemiri
1 buah tomat merah

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan daun jeruk, ayam dan penyedap masukan air sampai ayam terendam masak sampai empuk dan air agak menyusut.
Bakar ayam dengan HiCook kompor BBQ KC 301 api sedang, oleskan ayam bolak balik dengan sisa bumbu bakar sampai kering angkat. Siap di hidang kan dengan kangkung plecing dan sambel dabu dabu.

Gunakan Fibercreme Pengganti Santan yang Sehat

OPOR AYAM NO SANTAN

Walau bukan hari lebaran tak ada salahnya kan masak opor ayam hehe.
Masak dengan porsi sedikit karena di rumah hanya berempat.
Opor ayam tanpa santan, sebagai penggantinya saya pakai fiber creme
Lebih enak dan sehat.

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung
2 daun salam
1 Sereh, geprek
Seruas kecil lengkuas, geprek
3 daun jeruk
5 sdm fiber creme
Air Secukupnya
Garam
Gula
Penyedap rasa.

Bumbu halus :
8 bawang merah
4 bawang putih
3 buah kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jintan bubuk

Cara :
Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serei. Tumis dengan api kecil supaya wanginya bumbu lebih keluar.
Masukan ayam masak hingga berubah warna, tambahkan air, lalu garam, gula, penyedap.
Masak hingga air agak menyusut, lalu masukan Fibercreme
Masak lagi hingga ayam empuk dan meresap,  koreksi rasa lalu angkat.

CREAMY, GURIH, ENAK
Pasta Keju untuk sarapan cc.
Bikinnya mudah.

Bahan :
200gr pasta spiral rebus hingga empuk tiriskan.
1buah bawang bombai uk.kecil cincang halus
2buah bawang putih cincang halus
10 buah jamur merang
10 buah udang kupas
30grm keju parut
170ml air
3sdm fiber creme sebagai pengganti susu, rasanya yummy creamy dan sehat.
Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya
1/2 sdt lada bubuk
1/4 sdt daun basil kering.
2 sdm margarin untuk menumis

Cara :
Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
Masukan jamur dan udang aduk2,
Masukan pasta kemudian air,fiber creme, keju, kaldu bubuk, lada bubuk dan daun basil.
Masak sebentar lalu angkat dan sajikan.

BOBA BIJI SALAK.
Enak kenyal2 manis gurih, No santan sebagai gantinya aku pakai fiber creme
Jadi lebih sehat. .
Bahan Boba :
Tepung sagu + gula aren bubuk (sesuai selera) + pasta mocca campur rata semua bahan, lalu tuang air hangat sedikit2 sampai bisa di ulenin lalu bentuk bulat2 kecil hingga adonan habis dan rebus hingga matang.
Angkat tiriskan lalu rendam di gula merah cair.

Bahan biji salak.
500gr ubi jalar kuning kukus hingga lembut dan haluskan
110 gr tepung sagu
1,5sdm gula halus
Cara :
Campur ubi dengan gula halus hingga rata lalu masukan sagu sambil uleni hingga kalis.
Bentuk adonan sesuai selera dan
Rebus hingga matang .

Bahan kuah
500ml air
100grm gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanila bubuk
1sdm tepung maizena
Supaya lebih Sehat dan no kolesterol aku ganti santan dengan fiber creme takaran pakai 6sdm
Cara :
Campur semua bahan, lalu masak hingga mendidih.

Penyajian:
Campurkan biji salak dengan bahan kuah , tuang dimangkok dan atasnya ditambahkan boba gula aren.
Rasanya enak gurih yummy sehat.

Makan Enak Dirumah Namun Berat Badan Tetap Terjaga

Uda males bikin pempek gara2 sering di boongin penjual ikan giling
Ini karena anak gadis request mulu jadinya beli ikannya sama tukang pempek di dpn komplek.
Katanya ini ikan betina. Oke beli de sekilo.
Pas mamak adonin sesuai resep wah ini si bukan ikan tenggiri betina ketauan atu dr hasil adonannya.
Kalau betina itu ngebentuk pempeknya jg gampang, kenyelnya cakep tapi hasil pempeknya garing empuk enak.

Kalau tenggiri bulat dr resep aku biasa, air harus di kurangi karena tekstur tenggiri bulat beda dgn betina/gepeng.

Betewe buat kalian yg suka makan enak tp takut gendut, cus cobain de YOMARI SSS. Produk ini adalah serat yg akan ngeblok karbo dan minyak. Cara pesen bisa klik LINK di bio mamak ya.

Resep ikan tenggiri bulat.

1kg daging ikan tenggiri
3 butir bawang putih dihaluskan
550 ml air (kalau ikan tdk beku pakai air es)
600-650grm sagu tani
25grm penyedap jamur
20grm garam.
1 sdm gula pasir

#Masukan ikan kedlm choper/food procesor,  lalu masukan bawang putih. tambahkan air sedikit2 smp habis, sambil terus di blender,

#Jika sudah halus tuang diwadah tambahkan p.jamur, gula, aduk rata.

#Masukan garam aduk rata dengan cepat. Jika adonan sudah terlihat menyatu dan kenyal jgn di ulenin lagi langsung masukan sagu. aduk perlahan sampai tercampur rata.
#Bentuk pempek lalu rebus.

MIE KARET HIJAU

Suka banget sama mienya kenyal gak alot.
Rasanya juga enak.
Na kalian bisa pesen di jojomart guys. Bisa kirim luar kota variannya banyak.

Resep ayam :
1kg paha ayam di fillet. cuci bersih. rebus dengan jahe sampai air kotor keluar angkat tiriskan lalu cincang kasar.
3 buah jamur hioko yg kering, rendam dulu sampai lunak, cuci bersih lalu cincang kasar.

Bumbu2 :
5 bawang merah
10 buah bawang putih halus
1sdt lada bubuk
2sdm saos tiram
1sdm kecap manis
1sdm kecap asin
100cc air
1sdt gula
1 sdt penyedap jamur
Kalau suka asin bisa tambah garam.

Tumis bawang sampai harum dengan api kecil.
Masukan ayam, dan jamur, aduk2 sampai rata.
Masukan semua bumbu, aduk2 lg.
Tambahkan air, besarkan api masak sebentar lalu angkat.

Penyajian :
Dimangkok tambahkan minyak bawang putih, kecap asin, masukan mie yg sdh di rebus. Aduk2 lalu tambahkan ayamnya, dan tambahkan toping sesuai selera.

Lengkapi Menu Hari Ini dengan Menu Masakan Mudah

GULAI DAUN SINGKONG
-Bahan :
. 3 genggam daun singkong yang sudah direbus
. 3 sdm teri yang sudah digoreng(bila suka)
. 65ml santan kara
. 5 rawit utuhkan
. 1.5lt air putih

– Bumbu uleg
. 4 baput
. 9 bamer
. Seruas jahe
. Seruas kunyit
. Ketumbar
. Garam
. 2 kemiri
. Merica
. 5 cabe merah keriting

– Bumbu cemplung :
. 4lbr daun jeruk buang tulangnya
. 4lbr dn salam
. Seruas laos, geprek
. 2 sereh geprek
. 2 kapulaga
. Gulpas
. Kaldu jamur

– Cara :
. Tumis bumbu uleg hingga matang
. Masukkan air, bumbu cemplung. Setelah mendidih masukkan daun singkong
. Masak hingga matang, lalu kecipkan api . Tuang santan, tes rasa
. Taburi teri goreng, sajikan

SOTO AYAM MEDAN
– Bahan :
. 1/2 ekor ayam beri jeruk nipis buang kulit potong 4, rebusan pertama buang airnya
. 3dn bawang, iris . 3 seledri, iris
. 2 genggam tauge, seduh air mendidih
. 1 jeruk nipis, potong
. Bawang goreng
. 1.5lt air untuk kaldu ayam (rebusan kedua)
. 1 kentang iris tipis, rendam air garam, goreng kering
. 130ml santan kara

– Bumbu cemplung :
. 2 kapulaga
. 3 dn salam
. 3 dn jeruk buang tulangnya
. Seruas laos, geprek
. 2btg sereh, geprek
. Gulpas
. Kaldu bubuk
. 1 tomat merah, potong

– Bumbu uleg :
. 8 bamer
. 4 baput
. 3 kemiri sangrai
. 1sdt jinten sangrai
. Seruas jahe
. Seruas kunyit
. Merica
. Ketumbar

– Sambal :
. 15 rawit, rebus, uleg

– Cara :
. Tumis bumbu uleg hingga matang lalu tuang ke rebusan kedua ayam
. Masukkan bumbu cemplung kurleb 10menit
. Lalu ambil ayam tiriskan, goreng ayam dan suwir2
. Setelah ayam diambil tuang santan setelah mendidih tes rasa, matikan kompor
. Sajikan di mangkok tauge, kentang, ayam, dn bawang seledri, taburi bawang goreng, beri jeruk nipis

OREK TEMPE KERING
– Bahan :
. 11/2 papan tempe
. 3sdm air putih
. 4sdm gula merah sisir atau sesuai selera
. Gulpas
. Garam
. 2dn salam
. Seruas laos, geprek
. 1biji asam jawa
. Kaldu jamur

– Bumbu iris :
. 4 baput
. 8 bamer
. 9 cabe merah keriting
. 2 dn jeruk

– Cara :
. Potong tipis tipis tempe untuk ukuran nya sesuai selera ya, jemur lalu goreng garing
. Tumis baput bamer cabe sampai harum
. Masukkan air, asam, gulpas, gulmer, garam, salam, laos, kaldu jamur, dn jeruk tunggu sampai bumbu matang, kecilkan api dan tes rasa
. Masukkan tempe aduk sampai bumbu merata, matikan kompor
. Sajikan

Makanan yang Cocok Dinikmati untuk Berbuka Puasa

Camilan buka puasa tadi, ini resep dari bundaku, kalau untuk takaran tadi saya kira – kira aja ya menurut selera saya

RISOL JAGUNG

Bahan :
. 4 bonggol jagung manis
. 2 sachet SKM
. 85gr keju parut
. 1/2sdt garam . 150gr mayonaise original

Saos :
. Saos tomat/saos sambel

Cara :
. Didihkan kukusan, kukus jagung sampai matang. Dinginkan
. Serut besar2 jagung dg pisau
. Campur seluruh bahan sampai merata. Tes rasa

Kulit :
. 250gr tpg terigu
. 2sdm munjung margarin
. 2btr telur
. Air putih secukupnya

Tambahan :
. Sedikit minyak goreng untuk olesan
. Sedikit daun pisang untuk pembatas dadaran yg sudah matang supaya tidak saling lengket

Cara :
. Campur aduk merata tepung, margarin, telur. Tambahkan air dikit demi sedikit bikin adonan kulit dadaran tidak encer & tidak kental. Di tes dulu klo sekiranya kurang air tambahkan lagi
. Olesi teflon dg minyak goreng, panaskan. Ambil 1 sendok sayur adonan tuang diteflon putar2 teflon shg menjadi dadaran bulat merata. Tunggu 3 menitan/sampai adonan matang tidak kering supaya nantinya mudah dilipat. Lakukan sampai habis
. Setelah dingin isi dg 1sdm jagung lipat seperti amplop.
. Tambahkan saos tomat/saos sambal untuk cocolan

KERANG BALADO
Bahan :
. 200gr kerang hijau kupas
. 1 jeruk nipis
. 4 daun jeruk sobek2
. 1 serai geprek
. 3 rawit merah rajang halus
. Garam, gulpas, kaldu jamur

Bumbu halus :
. 3 cabe merah besar
. 2 baput kating
. 4 bamer

Cara :
. Buang kotoran kerang, cuci, beri jeruk nipis
. Tumis bumbu halus & rawit sampai matang, masukkan kerang, dn jeruk, serai, garam, gulpas, kaldu jamur. Masak dg api sedang sampai kerang matang
. Tes rasa & sajikan

ES MELON COCOPANDAN
. 1/2 btr melon
. Sirup tjampolay cocopandan
. 700ml air matang
. Es batu

. Ambil bijinya campur dg air matang, saring, campur dg melon kerok, sirup, tambahkan es saat akan dikonsumsi

ES CAO
. 1 kotak cincau hitam
. 2.5 keping gulmer
. 750ml air putih
. 1 lbr daun pandan
. Es batu secukupnya

cuci cincau dengan air matang, potong dadu. Didihkan air putih masukkan gulmer & simpul daun pandan. Saring
campur cincau & air larutan gula, tambahkan es batu saat akan dikonsumsi

Nb. Bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin atau hangat

Kuliner Khas Jawa Identik dengan Cita Rasa Manis

Kuliner khas jawa memang sangat terkenal dengan cita rasa manis. Dapat kita temukan rasa manis pada setiap masakan yang berasal dari suku jawa ini. Selain itu, kuliner jawa juga beragam macam dan memiliki banyak kreasi unik dari setiap provinsi yang ada. Mari kita simak beberapa resep lezat kuliner khas jawa.

TAHU TEMPE BACEM

Bahan :
. 10 kotak tahu putih kecil
. 11/2 papan tempe (potong)
. 1750ml air kelapa
. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu cemplung :
. 200gr gulmer
. 2 biji asam jawa
. 3 daun salam
. Seruas laos geprek
. 1 sdt kaldu jamur

Bumbu uleg :
. 4 baput
. 7 bamer
. 1 sdt ketumbar
. 2 sdt garam

Cara :
. Tahu, tempe, air kelapa, bumbu uleg, bumbu cemplung taruh diwajan
. Masak dg api kecil sedang, tutup
. Setelah air tinggal setengah balik 1x saja, tutup lagi
. Setelah air menyusut lagi tes rasa, matikan kompor
. Panaskan minyak goreng, goreng tahu tempe dg api sedang . Tiris, sajikan

SEMUR TAHU DAGING

Bahan :
. 250gr daging sapi/tetelan
. 10 kotak tahu putih kecil
. Kol secukupnya
. 1750ml air putih
. 65ml santa kara
. 1 bh tomat merah

Bumbu uleg :
. 4 baput
. 8 bamer
. 3 kemiri sangrai
. 1sdt ketumbar
. 1sdm garam

bumbu cemplung :
. 4 daun salam
. Seruas laosm
. 1 sdt gulpas
. 1 sdt kaldu jamur

Cara :
. Presto/rebus daging sampai empuk. Setelah dingin potong2 daging. Sisihkan
. Potong kol sesuai selera
. Tumis bumbu uleg sampai matang, masukkan bumbu cemplung beri sedikit air kaldu sapi masak smp air menyusut
. Tuangkan ke panci daging, tahu, terakhir kol & tomat
. Kecilkan api lalu masukkan santan
. Tes rasa dan sajikan

SAWUT SINGKONG

. Bahan sawut :
. 1kg singkong . 250gr gulmer
. 60gr gulpas

. Bahan taburan :
. 1/2 btr kelapa muda parut
. 1lbr daun pandan
. 1/2 sdt garam

. Daun pisang untuk alas kukusan secukupnya

. Cara :
. Pilih singkong yang bagus. Kupas, cuci bersih lalu parut dg parutan wortel/sawut/rujak sisihkan
. Sisir gulmer sisihkan
. Campur aduk merata diwadah singkong, gulpas, gulmer sisihkan
. Kelapa aduk rata dg garam, tambahkan daun pandan
. Didihkan kukusan. Alasi dg daun pisang. Tuang singkong. Taruh kelapa di wadah tahan panas. Kukus bersamaan kurleb 45 menit
. Sajikan

Cemilan Sore Manis yang Mudah Dibuat Di Rumah

Cemilan sore memang hal yang sangat enak sekali apalagi jika ditemani dengan teh ataupun kopi. Nah, disini kita akan bahas beberapa resep cemilan sore yang nikmat, lezat, dan tentunya sangat mudah dibuat.

Dadar gulung pisang

Bahan :
300 grm tepung terigu protein sedang
2 butir telur
50 grm gula
Sejumput garam
1 sdt baking powder
1/4 sdt vanilla essense
400ml susu uht full cream
Isian :
Pisang kepok belah 2
Margarin
Meses coklat
Skm coklat
Keju parut (skip)
Cara membuat :
1. Masukkan semua bahan kecuali susu, aduk hingga rata kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai habis
2. Panaskan teflon anti lengket, tuang 1 sendok sayur kemudian ratakan melingkar, lakukan sampai adonan habis.
3. Panggang pisang dengan cara olesi teflon dengan margarin, panggang pisang (sambil dibolak balik) sampai coklat, angkat
4. Ambil 1 lembar kulitnya (sisi halus bagian dalam) letakkan 1 pisang yg sudah dipanggang dan beri meses & keju, kemudian gulung. Lakukan sampai habis
5. Tata di piring saji kemudian beri saus coklat panas (saya pakai skm coklat), hidangkan.

Puding oreo lapis 3

Bahan bening :
1 bungkus agar-agar plain nutrijel
400ml air
5 sdm gula
Secukupnya buah untuk hiasan (saya anggur merah dibelah 2 buang bijinya)
Bahan kuning :
1 bungkus agar-agar plain swalow
4 kuning telur
6 sdm margarin
1 bungkus oreo (pisah antara biskuit dan isinya)
5 sdm gula
1 saset skm
400ml air

Bahan coklat :
1 saset nutrijel coklat
5 sdm gula
1 saset dancow bubuk rasa coklat
400ml air

Cara membuat :

1. Tata anggur untuk hiasan (boleh skip) dan rebus air dan masukkan semua bahan, aduk hingga mendidih kemudian angkat dan tuangkan ke cetakan dan tunggu sampai mengeras dan tata biskuit oreo diatasnya
2. Bahan kuning : lelehkan margarin dan selai oreo berwarna putih, angkat dan masukkan kuning telur, skm, kocok hingga tercampur rata kemudian rebus air, masukkan agar-agar dan gula sampai tercampur kemudian masukkan campuran margarin, aduk cepat sampai mendidih, angkat dan tuang pada cetakan (diatas lapisan bening yg sudah ditata biskuit oreo diatasnya) tunggu sampai keras
3. Bahan coklat : masukkan semua bahan kemudian tuang diatas lapisan kuning (pastikan lapisan kuning sudah mengeras)

Kumpulan Resep Makanan Lezat dan Mudah

– -Japanese Pumpkin – –

Kemaren pas belanja ke market , nemu pumpkin kok ukuran nya mini banget. Auto gemas dan langsung di comot.. Anak anak ku doyan banget pumpkin , karena rasa dasarnya memang manis alami.. Ga perlu banyak tambahan bumbu aja , uda oke banget. Cara masak nya ? Gampangggg

1 butir pumpkin ( kupas , buang biji , potong dadu )
2 siung bw putih , cincang
Kaldu jamur ,Garam & merica secukupnya
Japanese seaweed Flakes ( YAMAGATAYA AONORI ) secukupnya ( untuk taburan )

Cara :
Tumis bawang putih hingga harum , masukan diced pumpkin, beri sedikit air , lalu rebus sebentar hingga empuk dan air meresap kembali.. Beri bumbu , koreksi rasa. Matikan api..
Garnish dengan yamagataya aonori , hidangkan selagi hangat

Kali ini aku mau buat Roti Gulung Oat Crunch Abon Sapi dari @granolabmuesli.
Cara buat nya gampang banget dan bahan-bahan nya juga simple

Bahan-bahan:
1 Oat Crunch Abon Sapi Granolab Muesli
2 Lembar Roti Tawar
1 Butir Telur (Kocok)
1 Batang Daun Bawang
5 Buah Cabai Rawit
1 Sdm Margarine
2 Sdm Mayonaise
2 Sdm Saus

Cara membuat:
Lelehkan 1 sdm margarine
Masukan roti tawar
Oleskan telur di bagian atas roti tawar
Taburkan daun bawang dan cabai
Kemudian balik roti yg satu sisi nya lagi
Setelah matang oleskan campuran mayonaise dan saus
Taburkan Oat Crunch Abon Sapi
Gulung roti dan oleakan kembali campuran saus dan mayonaise kemudian taburkan kembali Oat Crunch Abon Sapi

Strawberry Milky Citrus Chocolate Check!!

Kali ini aku mau coba buat Minuman sejenis Pu** drink pakai @silkypudding_recipes
Cara buat nya gampang banget. Buat kalian anak mol yg kangen sama minuman ini, kalian jadi bisa buat sendiri deh di rumah

Bahan-Bahan:
1 Bungkus Silky Pudding
Chocolate
Susu Kental Manis
Minuman Soda (Aku pakai Fanta)
Pocky
Strawberry
Ceres
Ice

Cara Membuat:
Masukkan 1 bungkus Silky Pudding Chocolate ke dalam 700Ml air. Masak hingga mendidih
Tuangkan ke dalam gelas yg telah di sediakan. Tunggu sampai dingin.
Masukkan Susu Kental Manis ke dalam Gelas, campurkan Soda, aduk hingga rata.
Tambahkan Ice ke dalam gelas Pudding, lalu campurkan dengan Milky soda yg sudah di buat.
Hias dengan Pocky, Strawberry dan Ceres.
Strawberry Milky Citrus Chocolate siap di nikmati

Gampang banget kan buat nya?? Bahan-bahan nya juga simple banget.

Masakan Indonesia Memang Paling Lezat

Makanan Indonesia memang termasuk salah satu makanan yang sangat lezat sekali di dunia. Banyak dari orang mancanegara yang mengakui bahwa masakan Indonesia sangat top sekali rasanya.

IKAN BUMBU SARDEN

Bahan:
1 ekor ikan patin/tuna/dll
1 lembar daun salam
3 buah tomat, haluskan
1 siung bawang bombay, iris
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
Garam dan gula secukupnya
Cabe rawit utuh
Minyak untuk menumis
Air secukupnya

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 ruas jahe
6 buah cabe merah

Cara membuat:
1. Potong-potong ikan, bersihkan, lalu lumuri air jeruk nipis, diamkan 10 menit lalu bilas sampai bersih, tiriskan.
2. Tumis bumbu halus sampai matang, lalu masukkan bawang bombay, aduk sampai layu, beri air. Masukkan tomat yang dihaluskan. Beri daun salam, garam, gula, kecap manis, saus tomat dan cabe rawit, aduk. Lalu masukkan ikan, masak sampai matang.

KUPAT TAHU
.
Bahan:
5 buah kupat
10 buah tahu, goreng & iris
150 gr tauge, rebus sebentar saja
Kerupuk

Bumbu kacang:
200 gr kacang tanah, sangrai & haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
3 buah cabe merah, haluskan
1 sdm air asam jawa
Sedikit terasi matang, haluskan
Garam dan gula merah secukupnya
1 sdt air jeruk limo
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang merah dan putih sampai matang, beri sedikit air. Masukkan cabe merah dan kacang, aduk. Masukkan juga sisa bahan lainnya, masak sampai matang dan kental.
2. Iris ketupat lalu tata dalam piring, beri tahu iris, tauge lalu siram dengan bumbu kacang. Sajikan dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

KAKI NAGA
.
Bahan:
250 gr daging ayam fillet, haluskan
100 gr udang kupas, haluskan
3 buah wortel, parut
1 butir telur
3 sdm tepung tapioka
1 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
1 batang daun bawang, iris
3 siung bawang putih, haluskan
Garam, gula & merica bubuk secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Sumpit bambu atau stik eskrim
Tepung panir dan telur utk pelapis

Cara membuat:
1. Campur daging ayam, udang, aduk. Masukkan wortel, daun bawang, saus tiram, minyak wijen, garam, gula dan merica bubuk, aduk rata.
2. Masukkan telur, aduk. Terakhir masukkan tepung tapioka, aduk rata.
3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat agak memanjang, lalu tusuk dengan bambu/stik es krim. Kukus sampai matang, angkat dan dinginkan.
4. Kocok satu butir telur dengan sedikit garam, celupkan kaki naga ke dalam telur lalu gulingkan ke tepung panir. Masukkan sebentar ke freezer agar tepung panir menempel sempurna.
5. Goreng dengan minyak panas sedang.

Kumpulan Resep Makanan untuk Menu Harian

Jangan khawatir lagi bingung ingin masak apa sehari – hari. Kamu tinggal cobain aja nih beberapa resep masakan yang sangat mudah sekali di masak dan tentu saja rasanya lezat. Resep ini dilansir dari instagram tigatigagembul yang merupakan seorang foodies.

SEMUR JENGKOL

– jengkol 500 gram,
tips supaya gak bau dan empuk: belah bagi 2 jengkolnya, direndam dulu semalam (air bisa diganti berulang), kupas kulitnya, cuci bersih ulang, dan dipresto langsung 30 menit, atau bisa direbus tapi lebih lama (kurleb 1jam) setelah itu geprek/tumbuk jengkolnya satu demi satu
– bumbu halus: 8 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 2 buah cabai merah besar, 1/2 tomat, 8 buah kemiri
– 1 batang serai digeprek
– 3 lembar daun salam
– 6 lembar daun jeruk
– 1-2 ruas lengkuas (hati hati bisa pahit kalau nanti masak belum matang bumbunya)
– 2 bungkus kotak kara (santan instan) bisa juga pakai santan asli sekitar 500ml
– 1/2 sdt ketumbar (sangrai dulu)
– garam,gula,kecapmanis, merica, penyedap secukupnya.

CAH BUNCIS JAMUR SAUS TIRAM

– 10bh buncis potong pendek, direbus dulu
– 3bh jamur hioko rebus dulu, lalu potong tipis
– 2bh bawang putih, 1/2 cabai merah, 2sdm saus tiram, 1/2-1sdm kecap manis, garam gula, merica, penyedap, air secukupnya, dikentalkan dengan sedikit maizena

TAHU CABAI GARAM

– 1bh tahu jepang kong kee udang, dipotong kotak kotak, lalu balur dengan tepung maizena kemudian digoreng
– 2bh bawang putih, 1/2 cabai merah, 1btg daun bawang dipotong kecil, kemudian di sangrai dan dibumbui garam, merica, penyedap, gula, bubuk bawang putih secukupnya, lalu satukan aduk rata dengan tahu.

GYOZA AYAM

Bahan:
– 250gr ayam cincang
– 2-3 sdm saus tiram
– 7 lembar kol/kubis di iris tipis
– 2 btg daun bawang
– 1 ruas jahe diparut
– 1/2 bungkus kulit gyoza merk Happy Belly
– 1 siung bawang putih parut / bisa ganti garlic powder
– 1 sdm kecap asin
– gula, garam, merica, penyedap sesuai selera
– jamur (opsional)
(Setelah dibungkus dengan kulitnya: pakai 3sdm minyak, dan 6sdm air di teflon (perbandingan 1:2, menyesuaikan aja ama jumlah gyoza diteflonnya) lalu ditutup teflonnya)
.
Dipping sauce: 3sdm sambal bangkok, 1sdm garlic powder, 2sdm corn syrup, sejumput merica, garam, gula menyesuaikan.

GADO GADO

bahan:
– kentang diiris tipis kemudian digoreng kering, tahu goreng
– telur rebus, tomat, timun iris tipis, selada segar
– labu siam/waluh, tauge rebus, kol rebus
– 1siung bawang putih, bumbu kacang yang sudah jadi, Gula, air sedikit, garam, penyedap, merica sesuai selera (biar lebih enak diblender lagi ditambahkan 1/2bh kentang rebus)