MAKANAN – MAKANAN INSTAN YANG POPULER DI KALANGAN MASYARAKAT

10 Makanan Paling Digemari di Indonesia

Masyarakat Indonesia sangat suka dan sering sekali mengkonsumsi makanan – makanan instant. Selain rasanya yang cocok di lidah kalangan masayarakat, cara memasaknya juga sangat praktis.

Berikut adalah makanan instant yang di minati kalangan masyarakat.

1. Indomie

Siapa yang tidak tahu dengan makanan instant satu ini. Indomie merupakan makanan instant yang terbuat dari mie dan di dalam bungkusnya juga di sediakan bumbu – bumbunya. Cara memasaknya juga sangat mudah. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan mie ke dalamnya. Tunggu 3 menit atau hingga matang, lalu tiriskan. masukkan air panas dan bumbu ke dalam (jika mie kuah), atau masukkan bumbu lalu aduk rata.

2. Bubur super

Bubur super adalah salah satu makanan instant yang di minati oleh banyak orang. Makanan ini sangat cocok untuk di konsumsi saat sarapan. Cara penyajiannya juga sangat mudah. Tinggal buka bungkusnya, lalu masukkan air panas ke dalam, tunggu beberapa menit, lalu bubur siap untuk di santap.

3. La fonte

La fonte adalah makanan instant dalam bentuk pasta. Cara penyajiannya juga mudah dan hampir sama dengan cara penyajian mie instant. Kalian hanya perlu merebus pasta hingga matang, lalu tiriskan. setelah itu, kalian bisa mencampurkannya dengan saos pasta instant yang kalian beli lalu aduk rata. Tanpa perlu ke restoran, kalian langsung bisa menyantap salah satu makanan khas dari italia ini loh.

4. Bihunku

Jika kalian sudah bosan dengan mie instant, kalian bisa mencoba makanan instant yang satu ini. selain nikhmat, makanan instan satu ini juga sangat mudah di masak. Cara memasaknya sama seperti Indomie. Kalian hanya perlu merebus bihunnya hingga matang, lalu tiriskan. Setelah itu kalian dapat mencampurkannya dengan bumbu, lalu aduk rata. Setelah itu kalian dapat menikhmati bihun goreng tanpa perlu membelinya ke kedai kopi.

5. Kwetiau goreng instan

Di masa sekarang ini, sudah banyak sekali makanan – makanan berat yang memiliki versi instantnya. salah satunya adalah kwetiau goreng. bagi kalian yang menyukai makanan chinese ini kalian boleh mencoba memasaknya sendiri. selain harganya yang murah, dan cara penyajiannya yang mudah. Kwetiau instant ini juga memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dengan kwetiau – kwetiau yang di jual di luaran sana.

Nah, gimana? Udah pada tau belum kalau banyak sekali pilihan makanan instant selain mie instant. Bagi kalian yang pensaran dengan rasanya, kalian bisa membeli bahan dan mencobanya sendiri di rumah ya. Selamat mencoba

JENIS KACANG – KACANGAN DAN MANFAATNYA

Masyarakat kita sata ini sangat suka sekali menkonsumsi cemilan di sore hari ataupun di waktu santai. Di masa sekarang ini banyak sekali cemilan – cemilan yang dpaat kita konsumsi tetapi tidak baik untuk kesehatan kita.

Di masa sekarang masyarakat mulai lebih memperhatikan kesehatan. Walaupun ingin menjaga kesehatan, kita juga tetap dapat ngemil dengan cemilan yang lebih sehat, salah satunya seperti kacang – kacangan. selain menjadi cemilan, kacang – kacangan juga sangat sehat untuk di konsumsi oleh kita.

adapun beberapa jenis kacang – kacangan yang dapat kita jadikan cemilan dan manfaatnya, antara lain :

1. Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang terpopuler di dunia dan sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Selain rasanya yang di sukai oleh banyak orang, kandungan dalam kacang almond juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita. adapun kandungan dalam kacang almond adalah vitamin B, E, magnesium, fosfor, dan mangan. Kacang almond juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi tubuh kita. Kacang almond juga memiliki kandungan serat paling tinggi diantara kacang – kacang lainnya.

Selain itu, banyak juga masyarakat kita yang mengkonsumsi kacang almond untuk membantu menurunkan kolesterol dan berat badan karena kacang almond juga rendah kalori.

2. Kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan tinggi protein yang mengandung asam amino yang penting bagi tubuh kita. Kacang kedelai ini juga mengandung vitamin C dan asam folat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan lain – lain.

Kacang kedelai memiliki manfaat untuk mengontrol kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan jantung.

3. Kacang tanah

Kacang tanah adalah salah satu jenis kacang yang bagus dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan berat badan. kacang tanha merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, tak jenuh ganda, protein, dan vitamin B yang baik bagi tubuh.

4. Kacang polong

Sama seperti kacang – kacangan lainnya yang di sebutkan tadi, kacang polong juga menjadi sumber serat dan protein yang baik bagi tubuh. Kacang polong juga dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, mengatasi hipertesi, dan menjaga gula darah kita.

5. Kacang mete

Kacang mete adalah salah satu jenis kacang yang banyak di sukai oleh masyarakat. Selain mengandung vitamin E, K dan B6, kacang mete juga mengandung mineral seperti fosfor, magnesium, tembaga, dan lainnya. Selain itu, kacang mete merupakan kacang yang memiliki kandungan zat besi paling tinggi diantara jenis – jenis kacang lainnya. Bagi kalian yang mengkonsumsi kacang mete, kacang mete juga dapat membantu mengontrol gula darah, mencegah anemia, mengatasi perdangan, menurunkan berat badan, serta membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Hazelnut

Siapa yang tidak tau hazelnut? Hazelnut sangat populer di masa sekarang dan juga sangat di gemari oleh masyarakat. Hazelnut juga sering kita temukan dalam olahan minuman, makanan ataupun es krim. Walaupun demikian, tidak banyak orang tahu bahwa hazelnut memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, seperti folat, fosfor, protein, magnesium, vitamin E, dan masih banyak lagi. Menurut penelitian, hazelnut juga kaya akan antioksidan, dapat menurunkan gula darah serta mengurangi resiko jantung.

7. Walnut

Walnut atau yang di sebut juga kacang kenari mungkin belum terlalu umum di konsumsi menjadi cemilan oleh kalangan masyarakat Indonesia. Walaupun demikian, walnut sudah sangat populer di beberapa negara lain, seperti Amerika, Inggris, dan masih banyak lagi. Menurut penelitian, walnut dapat membantu mengontrol diabetes. Walnut juga dipercaya dapat melawan penurunan kognitif terkait usia.

Selain jenis – jenis kacang yang di sebutkan di atas, masih banyak lagi kacang – kacangan yang dapat di konsumsi sebagai cemilan dan bagus untuk kesehatan, seperti kacang merah, kacang pistasio, dan kacang hijau.

Apabila kalian ingin merasakan manfaat – manfaat dari menkonsumsi makanan tersebut, disarankan untuk mengkonsumsi yang belum diolah menjadi makanan lain, seperti selai kacang.

UNIK, MAKANAN YANG SERING DIKONSUMSI DIMASYARAKAT ZAMAN SEKARANG

Makanan dizaman sekarang ini sudah semakin banyak yang membuat kreasi makanan dari tradisional hingga makanan modern atau membuat makanan yang dimix dari tradisional hingga ke modern atau begitu juga sebaliknya.

Pasti bagi kalian 9 dari 10 orang yang membaca ini pasti menyukai cemilan, jajanan yang sangat susah untuk ditolak oleh kaum anak anak, remaja hingga dewasa. Tapi apakah dari kalian semua sudah pernah mencicipi makanan unik dizaman sekarang ini? Berikut adalah beberapa makanan unik yang ada dizaman sekarang ini:
1. Cireng
Untuk makanan satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua, Cara pembuatannya yang sangat gampang dan bahan baku yang sangat gampang dicari atau terdapat didalam setiap dupur ibu rumah tangga setempat yaitu adalah ” Tepung Tapioka”. Dan disaat ini sudah banyak sekali yang membuat atau mempraktekkan cara membuat masakan jajanan satu ini.

Selain gampang dicari bahan bakunya, Jajanan ini juga sangat gampang di beli atau bagi yang tinggal di Ibu Kota jajanan satu ini sudah tidak asing atau sangat gampang di cari di mall atau maupun dipinggiran jalan. Apalagi disaat ini sudah semakin banyak orang yang berkreasi dengan makanan satu ini menjadi Cireng rujak, cireng sambal dan lain sebagainya.

2. Bola Ubi
Untuk makanan yang satu ini sudah paling tidak asing bagi telinga masyarakat umum terutama bagi penduduk yang tinggal didaerah di perdesaan. Karena bahan baku ini sangat paling gampang sekali ditemukan didaerah sana. Selain itu, di zaman sekarang banyak sekali makanan – makanan tradisional yang di modernisasi sehingga masyarakat khususnya remaja pun menjadi tertarik dan ingin mencoba makanan tradisional ini.

Bola ubi juga di jual dengan harga yang sangat terjangkau, serta di jual dalam berbagai varian rasa dan warna, seperti green tea, taro, oreo, dan lain – lain. selain warnanya yang unik, bola ubi juga memiliki cita rasa yang gurih sehingga membuat orang yang memakannya ketagihan.

3. Sate Taichan
Nah, Apalagi dengan makanan satu ini, Sudah pasti tidak asing lagi ditelinga kita semua. Karena makanan satu ini sangat cocok kita pesan disaat kita nongkrong bersama teman teman atau juga dengan keluarga terdekat.

Banyak dari anak muda sekarang yang lagi kumpul atau nongkrong bersama teman temannya akan memesan makanan satu ini, Karena makanan ini sangat ringan untuk menganjal perut ketika atau sebelum mulai dengan makanan yang berat. Atau pada saat siap dengan makanan berat dan ingin nongkrong lebih lama, maka makanan ini adalah andalan untuk dikonsumsi.

Sekian adalah beberapa makanan yang unik atau makanan yang sedang kekinian disaat sekarang ini. Sudahkah kalian mencoba beberapa makanan yang diatas? Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat bagi kita semua sekian dan Terima kasih.

Kumpulan Resep Makanan Lezat dan Enak

Udah lama gak masak keladi , pas ke pasar lihat Abang jual keladi langsung beli. Ini di tumis terasi enakk. Ada yg suka keladi kah bu ibu? Salam sehat dan tetap semangat.

Tumis keladi terasi

3 ikat keladi di bersihkan kupas tipis kulitnya cuci lalu di celor/direbus sebentar lalu tiriskan
( kulitnya harus di kupas ya kalau gak bisa gatel )

Bumbu halus
Segemgam cabe keriting merah + rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm terasi

Gula dikit
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan keladi aduk rata tuang air secukupnya , penyedap rasa,masak sampai empuk dan air menyusut angkat.

Pertama kali bikin choipan harap maklum bentuknya gak karuan, tapi rasanya uenaaakkk bangeetttt. Berkat resep say essy gw memberanikan diri bikin choipan hahhaha. Kamsia say akhirnya jadi juga nich choipannya.

Choipan homemade

Jadinya 36 buah

100 gr tepung beras
25 gr tepung sagu
2 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
200 ml air

Campur semua bahan aduk rata, kemudian masak dengan api kecil aduk aduk sampai adonan menggumpal lalu ulenin panas panas sampai adonan kelihatan mengkilat dan licin pipihkan gilas bentuk lingkaran ato di cetak pakai tutup gelas besar,jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, biar gak lengket lumurin dengan tepung sagu.
Lalu isi bangkuang tutup tekan pinggirnya tata di dangdang seblom kukus ciprat dengan air choipan nya baru kukus selama 10 menit. Setelah matang kasih minyak bawang putih di atasnya.

Isian
Bangkuang secukupnya potong tipis
Bawang putih cincang
Udang kering
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bawang putih sampai wangi masukan udang kering aduk sampai wangi baru masukan bangkuang dan penyedap masak sampai bangkuang layu angkat.

Pempek udang
1 kg udang udah kupas ya
1 btr telur putih
3 siung bawang putih haluskan
300 ml air es
1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
-+ 500 gr tepung sagu

Blender udang, bawang putih, telur, gula, kaldu jamur, garam, air. Setelah ke campur rata tuang ke wadah tuang sagu nya aduk cepat, jangan lama2 ya bisa keras.

Didihkan air tuang sedikit minyak dan garam
Bentuk pempek kedua tangan di beri sagu gilas di talenan masukan ke air mendidih setelah mengapung angkat.

Jika Kangen Makan di Restoran Tinggal Masak Sendiri Dirumah

Caipo manis

1/4 kg caipo manis
1 ons samcan iris tipis
1 bh tahu kuning potong2 goreng sebentar aja tiriskan
3 siung bawang putih cincang halus

Gula
Kaldu jamur
Saos tiram
Kecap manis
Sedikit garam
Lada

Panaskan wajan masukan irisan daging samcan aduk sampai minyaknya keluar dan samcan agak kekuningan angkat tiriskan.
Tumis bawang putih dengan minyak samcan sampai wangi masukan samcan, caipo aduk rata masukan tahu kuning dan semua bumbu tes rata , manis ,gurih masak sampai kering dan matang angkat.

Sambel mangga

2 bh mangga muda ato mangga Indramayu mengkel iris iris tipis
Cabe setan
Cabe merah keriting
Terasi bakar
Gula
Garam

Tumbuk cabe , terasi campur garam, gula.
Tuang ke mangga aduk rata tes rasa asem, manis, pedas nano nano dech, diamkan sesaat biar mangga meresap siap di hidangkan.

Chaulo / keong nenek

1.1/2 keong nenek cuci bersih bilas berkali kali sampai pasir nya ilang lalu potong ujung nya supaya gampang di sedot
1 ruas lengkuas keprek
600 ml air
Beberapa potong talas bisa skip ya

Bumbu halus
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm tauco Medan
Segemgam cabe merah keriting
10 bh rawit merah
1 ruas jahe

Kaldu jamur
Gula
Lada

Tumis bumbu halus dan lengkuas sampai bner bner wangi baru masukan talas,keong nenek, air dan penyedap.
Masak sampai air agak menyusut dan keong matang angkat.
Sajikan hidangan pada mangkok.

Semur kentang tahu telur

2 tahu putih belah 4 goreng
6 bh telur rebus kupas kulit
3 bh kentang potong potong
1 btng serei keprek
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas keprek
Kecap manis menurut selera
Saos tiram
1 sdm santan kental
Air secukupnya

Bumbu halus
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 bh kemiri
1/2 btr biji pala

Gula dikit
Kaldu jamur
Garam
Lada

Tumis bumbu halus, serei, lengkuas,daun salam sampai wangi baru masukan kentang, tahu, telur, air dan bumbu bumbu yg lain
Tes rasa, masak sampai kentang empuk dan air nya agak kering angkat
Selamat mencoba!

Resep Makanan Kreatif Bikin Nggak Bosen

Udang mix cumi tauco

10 udang besar
1 ekor cumi besar
2 papan pete
5 bh jagung muda
1 bh tahu putih potong goreng bentar
5 bh cabe merah keriting
10 bh cabe kriting ijo iris
5 bh rawit merah iris
Tomat 1 bh iris
3 siung bawang merah iris
2 siung bawang putih cincang kasar
1 sdm tauco medan
Daun salam
Lengkuas
1 sdm saos tirem
2 sdm air asam Jawa

Gula
Kaldu jamur
Lada
Garam bila perlu

Tumis duo bwng , daun salam, laos ,tomat,cabe,sampai berubah warna masukan udang,cumi,jagung, tahu,tauco, saus tirem, kasih air secukupnya, air asam,kaldu jamur, gula dikit, garam dikit, lada masak sampai air agak menyusut masukan pete aduk2 bntar angkat.

Cumi tim thai

4 ekor cumi cuci bersih seset seset badannya jangan sampai putus tiriskan

Sedikit jahe cincang halus
2 bh akar daun ketumbar cincang halus

Sisa daun ketumbar cincang kasar

Di mangkok
4 siung bawang putih cincang kasar
1 sdm gula merah haluskan
1 sdm gula
2 sdt kaldu jamur
2 sdm kecap ikan thai
2 sdm kecap asin
3 sdm air
3 bh jeruk nipis peras airnya
Lada
5 bh rawit merah cincang kasar
5 bh rawit ijo cincang kasar
Sebagian daun ketumbar yg sudah di cincang
Aduk rata

Masukan jahe cincang dan akar ketumbar ke cumi kukus 10 menit setelah itu buang air cumi, sisakan sedikit saja

Panaskan teplon masukan bumbu yg didalam mangkok sampai gula larut lalu tuang ke cumi tambahkan sisa daun ketumbar.
Siap dihidangkan
Selamat mencoba!

Ayam bakar taliwang

1 ekor ayam kampung
2 buah jeruk nipis
ayamnya cuci bersih lumurin jeruk nipis tiriskan, tumbuk dagingnya pakai botol ato ulekan biar bumbunya meresap

6 lembar daun jeruk sobek sobek
1 sdm makan gula merah yg sudah di haluskan
Kaldu jamur
Garam
Gula pasir
Lada
1 liter air ato lebih

Bumbu halus
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
Segemgam rawit merah + cabe keriting merah
2 ruas kencur
1/2 sdm terasi
1/2 ruas jahe
3 btr kemiri
1 buah tomat merah

Tumis bumbu halus sampai wangi masukan daun jeruk, ayam dan penyedap masukan air sampai ayam terendam masak sampai empuk dan air agak menyusut.
Bakar ayam dengan HiCook kompor BBQ KC 301 api sedang, oleskan ayam bolak balik dengan sisa bumbu bakar sampai kering angkat. Siap di hidang kan dengan kangkung plecing dan sambel dabu dabu.

Gunakan Fibercreme Pengganti Santan yang Sehat

OPOR AYAM NO SANTAN

Walau bukan hari lebaran tak ada salahnya kan masak opor ayam hehe.
Masak dengan porsi sedikit karena di rumah hanya berempat.
Opor ayam tanpa santan, sebagai penggantinya saya pakai fiber creme
Lebih enak dan sehat.

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung
2 daun salam
1 Sereh, geprek
Seruas kecil lengkuas, geprek
3 daun jeruk
5 sdm fiber creme
Air Secukupnya
Garam
Gula
Penyedap rasa.

Bumbu halus :
8 bawang merah
4 bawang putih
3 buah kemiri
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jintan bubuk

Cara :
Tumis bumbu halus sampai wangi lalu masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serei. Tumis dengan api kecil supaya wanginya bumbu lebih keluar.
Masukan ayam masak hingga berubah warna, tambahkan air, lalu garam, gula, penyedap.
Masak hingga air agak menyusut, lalu masukan Fibercreme
Masak lagi hingga ayam empuk dan meresap,  koreksi rasa lalu angkat.

CREAMY, GURIH, ENAK
Pasta Keju untuk sarapan cc.
Bikinnya mudah.

Bahan :
200gr pasta spiral rebus hingga empuk tiriskan.
1buah bawang bombai uk.kecil cincang halus
2buah bawang putih cincang halus
10 buah jamur merang
10 buah udang kupas
30grm keju parut
170ml air
3sdm fiber creme sebagai pengganti susu, rasanya yummy creamy dan sehat.
Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya
1/2 sdt lada bubuk
1/4 sdt daun basil kering.
2 sdm margarin untuk menumis

Cara :
Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
Masukan jamur dan udang aduk2,
Masukan pasta kemudian air,fiber creme, keju, kaldu bubuk, lada bubuk dan daun basil.
Masak sebentar lalu angkat dan sajikan.

BOBA BIJI SALAK.
Enak kenyal2 manis gurih, No santan sebagai gantinya aku pakai fiber creme
Jadi lebih sehat. .
Bahan Boba :
Tepung sagu + gula aren bubuk (sesuai selera) + pasta mocca campur rata semua bahan, lalu tuang air hangat sedikit2 sampai bisa di ulenin lalu bentuk bulat2 kecil hingga adonan habis dan rebus hingga matang.
Angkat tiriskan lalu rendam di gula merah cair.

Bahan biji salak.
500gr ubi jalar kuning kukus hingga lembut dan haluskan
110 gr tepung sagu
1,5sdm gula halus
Cara :
Campur ubi dengan gula halus hingga rata lalu masukan sagu sambil uleni hingga kalis.
Bentuk adonan sesuai selera dan
Rebus hingga matang .

Bahan kuah
500ml air
100grm gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanila bubuk
1sdm tepung maizena
Supaya lebih Sehat dan no kolesterol aku ganti santan dengan fiber creme takaran pakai 6sdm
Cara :
Campur semua bahan, lalu masak hingga mendidih.

Penyajian:
Campurkan biji salak dengan bahan kuah , tuang dimangkok dan atasnya ditambahkan boba gula aren.
Rasanya enak gurih yummy sehat.

Makan Enak Dirumah Namun Berat Badan Tetap Terjaga

Uda males bikin pempek gara2 sering di boongin penjual ikan giling
Ini karena anak gadis request mulu jadinya beli ikannya sama tukang pempek di dpn komplek.
Katanya ini ikan betina. Oke beli de sekilo.
Pas mamak adonin sesuai resep wah ini si bukan ikan tenggiri betina ketauan atu dr hasil adonannya.
Kalau betina itu ngebentuk pempeknya jg gampang, kenyelnya cakep tapi hasil pempeknya garing empuk enak.

Kalau tenggiri bulat dr resep aku biasa, air harus di kurangi karena tekstur tenggiri bulat beda dgn betina/gepeng.

Betewe buat kalian yg suka makan enak tp takut gendut, cus cobain de YOMARI SSS. Produk ini adalah serat yg akan ngeblok karbo dan minyak. Cara pesen bisa klik LINK di bio mamak ya.

Resep ikan tenggiri bulat.

1kg daging ikan tenggiri
3 butir bawang putih dihaluskan
550 ml air (kalau ikan tdk beku pakai air es)
600-650grm sagu tani
25grm penyedap jamur
20grm garam.
1 sdm gula pasir

#Masukan ikan kedlm choper/food procesor,  lalu masukan bawang putih. tambahkan air sedikit2 smp habis, sambil terus di blender,

#Jika sudah halus tuang diwadah tambahkan p.jamur, gula, aduk rata.

#Masukan garam aduk rata dengan cepat. Jika adonan sudah terlihat menyatu dan kenyal jgn di ulenin lagi langsung masukan sagu. aduk perlahan sampai tercampur rata.
#Bentuk pempek lalu rebus.

MIE KARET HIJAU

Suka banget sama mienya kenyal gak alot.
Rasanya juga enak.
Na kalian bisa pesen di jojomart guys. Bisa kirim luar kota variannya banyak.

Resep ayam :
1kg paha ayam di fillet. cuci bersih. rebus dengan jahe sampai air kotor keluar angkat tiriskan lalu cincang kasar.
3 buah jamur hioko yg kering, rendam dulu sampai lunak, cuci bersih lalu cincang kasar.

Bumbu2 :
5 bawang merah
10 buah bawang putih halus
1sdt lada bubuk
2sdm saos tiram
1sdm kecap manis
1sdm kecap asin
100cc air
1sdt gula
1 sdt penyedap jamur
Kalau suka asin bisa tambah garam.

Tumis bawang sampai harum dengan api kecil.
Masukan ayam, dan jamur, aduk2 sampai rata.
Masukan semua bumbu, aduk2 lg.
Tambahkan air, besarkan api masak sebentar lalu angkat.

Penyajian :
Dimangkok tambahkan minyak bawang putih, kecap asin, masukan mie yg sdh di rebus. Aduk2 lalu tambahkan ayamnya, dan tambahkan toping sesuai selera.

Lengkapi Menu Hari Ini dengan Menu Masakan Mudah

GULAI DAUN SINGKONG
-Bahan :
. 3 genggam daun singkong yang sudah direbus
. 3 sdm teri yang sudah digoreng(bila suka)
. 65ml santan kara
. 5 rawit utuhkan
. 1.5lt air putih

– Bumbu uleg
. 4 baput
. 9 bamer
. Seruas jahe
. Seruas kunyit
. Ketumbar
. Garam
. 2 kemiri
. Merica
. 5 cabe merah keriting

– Bumbu cemplung :
. 4lbr daun jeruk buang tulangnya
. 4lbr dn salam
. Seruas laos, geprek
. 2 sereh geprek
. 2 kapulaga
. Gulpas
. Kaldu jamur

– Cara :
. Tumis bumbu uleg hingga matang
. Masukkan air, bumbu cemplung. Setelah mendidih masukkan daun singkong
. Masak hingga matang, lalu kecipkan api . Tuang santan, tes rasa
. Taburi teri goreng, sajikan

SOTO AYAM MEDAN
– Bahan :
. 1/2 ekor ayam beri jeruk nipis buang kulit potong 4, rebusan pertama buang airnya
. 3dn bawang, iris . 3 seledri, iris
. 2 genggam tauge, seduh air mendidih
. 1 jeruk nipis, potong
. Bawang goreng
. 1.5lt air untuk kaldu ayam (rebusan kedua)
. 1 kentang iris tipis, rendam air garam, goreng kering
. 130ml santan kara

– Bumbu cemplung :
. 2 kapulaga
. 3 dn salam
. 3 dn jeruk buang tulangnya
. Seruas laos, geprek
. 2btg sereh, geprek
. Gulpas
. Kaldu bubuk
. 1 tomat merah, potong

– Bumbu uleg :
. 8 bamer
. 4 baput
. 3 kemiri sangrai
. 1sdt jinten sangrai
. Seruas jahe
. Seruas kunyit
. Merica
. Ketumbar

– Sambal :
. 15 rawit, rebus, uleg

– Cara :
. Tumis bumbu uleg hingga matang lalu tuang ke rebusan kedua ayam
. Masukkan bumbu cemplung kurleb 10menit
. Lalu ambil ayam tiriskan, goreng ayam dan suwir2
. Setelah ayam diambil tuang santan setelah mendidih tes rasa, matikan kompor
. Sajikan di mangkok tauge, kentang, ayam, dn bawang seledri, taburi bawang goreng, beri jeruk nipis

OREK TEMPE KERING
– Bahan :
. 11/2 papan tempe
. 3sdm air putih
. 4sdm gula merah sisir atau sesuai selera
. Gulpas
. Garam
. 2dn salam
. Seruas laos, geprek
. 1biji asam jawa
. Kaldu jamur

– Bumbu iris :
. 4 baput
. 8 bamer
. 9 cabe merah keriting
. 2 dn jeruk

– Cara :
. Potong tipis tipis tempe untuk ukuran nya sesuai selera ya, jemur lalu goreng garing
. Tumis baput bamer cabe sampai harum
. Masukkan air, asam, gulpas, gulmer, garam, salam, laos, kaldu jamur, dn jeruk tunggu sampai bumbu matang, kecilkan api dan tes rasa
. Masukkan tempe aduk sampai bumbu merata, matikan kompor
. Sajikan

Makanan yang Cocok Dinikmati untuk Berbuka Puasa

Camilan buka puasa tadi, ini resep dari bundaku, kalau untuk takaran tadi saya kira – kira aja ya menurut selera saya

RISOL JAGUNG

Bahan :
. 4 bonggol jagung manis
. 2 sachet SKM
. 85gr keju parut
. 1/2sdt garam . 150gr mayonaise original

Saos :
. Saos tomat/saos sambel

Cara :
. Didihkan kukusan, kukus jagung sampai matang. Dinginkan
. Serut besar2 jagung dg pisau
. Campur seluruh bahan sampai merata. Tes rasa

Kulit :
. 250gr tpg terigu
. 2sdm munjung margarin
. 2btr telur
. Air putih secukupnya

Tambahan :
. Sedikit minyak goreng untuk olesan
. Sedikit daun pisang untuk pembatas dadaran yg sudah matang supaya tidak saling lengket

Cara :
. Campur aduk merata tepung, margarin, telur. Tambahkan air dikit demi sedikit bikin adonan kulit dadaran tidak encer & tidak kental. Di tes dulu klo sekiranya kurang air tambahkan lagi
. Olesi teflon dg minyak goreng, panaskan. Ambil 1 sendok sayur adonan tuang diteflon putar2 teflon shg menjadi dadaran bulat merata. Tunggu 3 menitan/sampai adonan matang tidak kering supaya nantinya mudah dilipat. Lakukan sampai habis
. Setelah dingin isi dg 1sdm jagung lipat seperti amplop.
. Tambahkan saos tomat/saos sambal untuk cocolan

KERANG BALADO
Bahan :
. 200gr kerang hijau kupas
. 1 jeruk nipis
. 4 daun jeruk sobek2
. 1 serai geprek
. 3 rawit merah rajang halus
. Garam, gulpas, kaldu jamur

Bumbu halus :
. 3 cabe merah besar
. 2 baput kating
. 4 bamer

Cara :
. Buang kotoran kerang, cuci, beri jeruk nipis
. Tumis bumbu halus & rawit sampai matang, masukkan kerang, dn jeruk, serai, garam, gulpas, kaldu jamur. Masak dg api sedang sampai kerang matang
. Tes rasa & sajikan

ES MELON COCOPANDAN
. 1/2 btr melon
. Sirup tjampolay cocopandan
. 700ml air matang
. Es batu

. Ambil bijinya campur dg air matang, saring, campur dg melon kerok, sirup, tambahkan es saat akan dikonsumsi

ES CAO
. 1 kotak cincau hitam
. 2.5 keping gulmer
. 750ml air putih
. 1 lbr daun pandan
. Es batu secukupnya

cuci cincau dengan air matang, potong dadu. Didihkan air putih masukkan gulmer & simpul daun pandan. Saring
campur cincau & air larutan gula, tambahkan es batu saat akan dikonsumsi

Nb. Bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin atau hangat

Kuliner Khas Jawa Identik dengan Cita Rasa Manis

Kuliner khas jawa memang sangat terkenal dengan cita rasa manis. Dapat kita temukan rasa manis pada setiap masakan yang berasal dari suku jawa ini. Selain itu, kuliner jawa juga beragam macam dan memiliki banyak kreasi unik dari setiap provinsi yang ada. Mari kita simak beberapa resep lezat kuliner khas jawa.

TAHU TEMPE BACEM

Bahan :
. 10 kotak tahu putih kecil
. 11/2 papan tempe (potong)
. 1750ml air kelapa
. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu cemplung :
. 200gr gulmer
. 2 biji asam jawa
. 3 daun salam
. Seruas laos geprek
. 1 sdt kaldu jamur

Bumbu uleg :
. 4 baput
. 7 bamer
. 1 sdt ketumbar
. 2 sdt garam

Cara :
. Tahu, tempe, air kelapa, bumbu uleg, bumbu cemplung taruh diwajan
. Masak dg api kecil sedang, tutup
. Setelah air tinggal setengah balik 1x saja, tutup lagi
. Setelah air menyusut lagi tes rasa, matikan kompor
. Panaskan minyak goreng, goreng tahu tempe dg api sedang . Tiris, sajikan

SEMUR TAHU DAGING

Bahan :
. 250gr daging sapi/tetelan
. 10 kotak tahu putih kecil
. Kol secukupnya
. 1750ml air putih
. 65ml santa kara
. 1 bh tomat merah

Bumbu uleg :
. 4 baput
. 8 bamer
. 3 kemiri sangrai
. 1sdt ketumbar
. 1sdm garam

bumbu cemplung :
. 4 daun salam
. Seruas laosm
. 1 sdt gulpas
. 1 sdt kaldu jamur

Cara :
. Presto/rebus daging sampai empuk. Setelah dingin potong2 daging. Sisihkan
. Potong kol sesuai selera
. Tumis bumbu uleg sampai matang, masukkan bumbu cemplung beri sedikit air kaldu sapi masak smp air menyusut
. Tuangkan ke panci daging, tahu, terakhir kol & tomat
. Kecilkan api lalu masukkan santan
. Tes rasa dan sajikan

SAWUT SINGKONG

. Bahan sawut :
. 1kg singkong . 250gr gulmer
. 60gr gulpas

. Bahan taburan :
. 1/2 btr kelapa muda parut
. 1lbr daun pandan
. 1/2 sdt garam

. Daun pisang untuk alas kukusan secukupnya

. Cara :
. Pilih singkong yang bagus. Kupas, cuci bersih lalu parut dg parutan wortel/sawut/rujak sisihkan
. Sisir gulmer sisihkan
. Campur aduk merata diwadah singkong, gulpas, gulmer sisihkan
. Kelapa aduk rata dg garam, tambahkan daun pandan
. Didihkan kukusan. Alasi dg daun pisang. Tuang singkong. Taruh kelapa di wadah tahan panas. Kukus bersamaan kurleb 45 menit
. Sajikan

Cemilan Sore Manis yang Mudah Dibuat Di Rumah

Cemilan sore memang hal yang sangat enak sekali apalagi jika ditemani dengan teh ataupun kopi. Nah, disini kita akan bahas beberapa resep cemilan sore yang nikmat, lezat, dan tentunya sangat mudah dibuat.

Dadar gulung pisang

Bahan :
300 grm tepung terigu protein sedang
2 butir telur
50 grm gula
Sejumput garam
1 sdt baking powder
1/4 sdt vanilla essense
400ml susu uht full cream
Isian :
Pisang kepok belah 2
Margarin
Meses coklat
Skm coklat
Keju parut (skip)
Cara membuat :
1. Masukkan semua bahan kecuali susu, aduk hingga rata kemudian masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai habis
2. Panaskan teflon anti lengket, tuang 1 sendok sayur kemudian ratakan melingkar, lakukan sampai adonan habis.
3. Panggang pisang dengan cara olesi teflon dengan margarin, panggang pisang (sambil dibolak balik) sampai coklat, angkat
4. Ambil 1 lembar kulitnya (sisi halus bagian dalam) letakkan 1 pisang yg sudah dipanggang dan beri meses & keju, kemudian gulung. Lakukan sampai habis
5. Tata di piring saji kemudian beri saus coklat panas (saya pakai skm coklat), hidangkan.

Puding oreo lapis 3

Bahan bening :
1 bungkus agar-agar plain nutrijel
400ml air
5 sdm gula
Secukupnya buah untuk hiasan (saya anggur merah dibelah 2 buang bijinya)
Bahan kuning :
1 bungkus agar-agar plain swalow
4 kuning telur
6 sdm margarin
1 bungkus oreo (pisah antara biskuit dan isinya)
5 sdm gula
1 saset skm
400ml air

Bahan coklat :
1 saset nutrijel coklat
5 sdm gula
1 saset dancow bubuk rasa coklat
400ml air

Cara membuat :

1. Tata anggur untuk hiasan (boleh skip) dan rebus air dan masukkan semua bahan, aduk hingga mendidih kemudian angkat dan tuangkan ke cetakan dan tunggu sampai mengeras dan tata biskuit oreo diatasnya
2. Bahan kuning : lelehkan margarin dan selai oreo berwarna putih, angkat dan masukkan kuning telur, skm, kocok hingga tercampur rata kemudian rebus air, masukkan agar-agar dan gula sampai tercampur kemudian masukkan campuran margarin, aduk cepat sampai mendidih, angkat dan tuang pada cetakan (diatas lapisan bening yg sudah ditata biskuit oreo diatasnya) tunggu sampai keras
3. Bahan coklat : masukkan semua bahan kemudian tuang diatas lapisan kuning (pastikan lapisan kuning sudah mengeras)

Kumpulan Resep Makanan Lezat dan Mudah

– -Japanese Pumpkin – –

Kemaren pas belanja ke market , nemu pumpkin kok ukuran nya mini banget. Auto gemas dan langsung di comot.. Anak anak ku doyan banget pumpkin , karena rasa dasarnya memang manis alami.. Ga perlu banyak tambahan bumbu aja , uda oke banget. Cara masak nya ? Gampangggg

1 butir pumpkin ( kupas , buang biji , potong dadu )
2 siung bw putih , cincang
Kaldu jamur ,Garam & merica secukupnya
Japanese seaweed Flakes ( YAMAGATAYA AONORI ) secukupnya ( untuk taburan )

Cara :
Tumis bawang putih hingga harum , masukan diced pumpkin, beri sedikit air , lalu rebus sebentar hingga empuk dan air meresap kembali.. Beri bumbu , koreksi rasa. Matikan api..
Garnish dengan yamagataya aonori , hidangkan selagi hangat

Kali ini aku mau buat Roti Gulung Oat Crunch Abon Sapi dari @granolabmuesli.
Cara buat nya gampang banget dan bahan-bahan nya juga simple

Bahan-bahan:
1 Oat Crunch Abon Sapi Granolab Muesli
2 Lembar Roti Tawar
1 Butir Telur (Kocok)
1 Batang Daun Bawang
5 Buah Cabai Rawit
1 Sdm Margarine
2 Sdm Mayonaise
2 Sdm Saus

Cara membuat:
Lelehkan 1 sdm margarine
Masukan roti tawar
Oleskan telur di bagian atas roti tawar
Taburkan daun bawang dan cabai
Kemudian balik roti yg satu sisi nya lagi
Setelah matang oleskan campuran mayonaise dan saus
Taburkan Oat Crunch Abon Sapi
Gulung roti dan oleakan kembali campuran saus dan mayonaise kemudian taburkan kembali Oat Crunch Abon Sapi

Strawberry Milky Citrus Chocolate Check!!

Kali ini aku mau coba buat Minuman sejenis Pu** drink pakai @silkypudding_recipes
Cara buat nya gampang banget. Buat kalian anak mol yg kangen sama minuman ini, kalian jadi bisa buat sendiri deh di rumah

Bahan-Bahan:
1 Bungkus Silky Pudding
Chocolate
Susu Kental Manis
Minuman Soda (Aku pakai Fanta)
Pocky
Strawberry
Ceres
Ice

Cara Membuat:
Masukkan 1 bungkus Silky Pudding Chocolate ke dalam 700Ml air. Masak hingga mendidih
Tuangkan ke dalam gelas yg telah di sediakan. Tunggu sampai dingin.
Masukkan Susu Kental Manis ke dalam Gelas, campurkan Soda, aduk hingga rata.
Tambahkan Ice ke dalam gelas Pudding, lalu campurkan dengan Milky soda yg sudah di buat.
Hias dengan Pocky, Strawberry dan Ceres.
Strawberry Milky Citrus Chocolate siap di nikmati

Gampang banget kan buat nya?? Bahan-bahan nya juga simple banget.

Masakan Indonesia Memang Paling Lezat

Makanan Indonesia memang termasuk salah satu makanan yang sangat lezat sekali di dunia. Banyak dari orang mancanegara yang mengakui bahwa masakan Indonesia sangat top sekali rasanya.

IKAN BUMBU SARDEN

Bahan:
1 ekor ikan patin/tuna/dll
1 lembar daun salam
3 buah tomat, haluskan
1 siung bawang bombay, iris
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
Garam dan gula secukupnya
Cabe rawit utuh
Minyak untuk menumis
Air secukupnya

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 ruas jahe
6 buah cabe merah

Cara membuat:
1. Potong-potong ikan, bersihkan, lalu lumuri air jeruk nipis, diamkan 10 menit lalu bilas sampai bersih, tiriskan.
2. Tumis bumbu halus sampai matang, lalu masukkan bawang bombay, aduk sampai layu, beri air. Masukkan tomat yang dihaluskan. Beri daun salam, garam, gula, kecap manis, saus tomat dan cabe rawit, aduk. Lalu masukkan ikan, masak sampai matang.

KUPAT TAHU
.
Bahan:
5 buah kupat
10 buah tahu, goreng & iris
150 gr tauge, rebus sebentar saja
Kerupuk

Bumbu kacang:
200 gr kacang tanah, sangrai & haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
3 buah cabe merah, haluskan
1 sdm air asam jawa
Sedikit terasi matang, haluskan
Garam dan gula merah secukupnya
1 sdt air jeruk limo
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Tumis bawang merah dan putih sampai matang, beri sedikit air. Masukkan cabe merah dan kacang, aduk. Masukkan juga sisa bahan lainnya, masak sampai matang dan kental.
2. Iris ketupat lalu tata dalam piring, beri tahu iris, tauge lalu siram dengan bumbu kacang. Sajikan dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

KAKI NAGA
.
Bahan:
250 gr daging ayam fillet, haluskan
100 gr udang kupas, haluskan
3 buah wortel, parut
1 butir telur
3 sdm tepung tapioka
1 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
1 batang daun bawang, iris
3 siung bawang putih, haluskan
Garam, gula & merica bubuk secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Sumpit bambu atau stik eskrim
Tepung panir dan telur utk pelapis

Cara membuat:
1. Campur daging ayam, udang, aduk. Masukkan wortel, daun bawang, saus tiram, minyak wijen, garam, gula dan merica bubuk, aduk rata.
2. Masukkan telur, aduk. Terakhir masukkan tepung tapioka, aduk rata.
3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat agak memanjang, lalu tusuk dengan bambu/stik es krim. Kukus sampai matang, angkat dan dinginkan.
4. Kocok satu butir telur dengan sedikit garam, celupkan kaki naga ke dalam telur lalu gulingkan ke tepung panir. Masukkan sebentar ke freezer agar tepung panir menempel sempurna.
5. Goreng dengan minyak panas sedang.

Kumpulan Resep Makanan untuk Menu Harian

Jangan khawatir lagi bingung ingin masak apa sehari – hari. Kamu tinggal cobain aja nih beberapa resep masakan yang sangat mudah sekali di masak dan tentu saja rasanya lezat. Resep ini dilansir dari instagram tigatigagembul yang merupakan seorang foodies.

SEMUR JENGKOL

– jengkol 500 gram,
tips supaya gak bau dan empuk: belah bagi 2 jengkolnya, direndam dulu semalam (air bisa diganti berulang), kupas kulitnya, cuci bersih ulang, dan dipresto langsung 30 menit, atau bisa direbus tapi lebih lama (kurleb 1jam) setelah itu geprek/tumbuk jengkolnya satu demi satu
– bumbu halus: 8 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 2 buah cabai merah besar, 1/2 tomat, 8 buah kemiri
– 1 batang serai digeprek
– 3 lembar daun salam
– 6 lembar daun jeruk
– 1-2 ruas lengkuas (hati hati bisa pahit kalau nanti masak belum matang bumbunya)
– 2 bungkus kotak kara (santan instan) bisa juga pakai santan asli sekitar 500ml
– 1/2 sdt ketumbar (sangrai dulu)
– garam,gula,kecapmanis, merica, penyedap secukupnya.

CAH BUNCIS JAMUR SAUS TIRAM

– 10bh buncis potong pendek, direbus dulu
– 3bh jamur hioko rebus dulu, lalu potong tipis
– 2bh bawang putih, 1/2 cabai merah, 2sdm saus tiram, 1/2-1sdm kecap manis, garam gula, merica, penyedap, air secukupnya, dikentalkan dengan sedikit maizena

TAHU CABAI GARAM

– 1bh tahu jepang kong kee udang, dipotong kotak kotak, lalu balur dengan tepung maizena kemudian digoreng
– 2bh bawang putih, 1/2 cabai merah, 1btg daun bawang dipotong kecil, kemudian di sangrai dan dibumbui garam, merica, penyedap, gula, bubuk bawang putih secukupnya, lalu satukan aduk rata dengan tahu.

GYOZA AYAM

Bahan:
– 250gr ayam cincang
– 2-3 sdm saus tiram
– 7 lembar kol/kubis di iris tipis
– 2 btg daun bawang
– 1 ruas jahe diparut
– 1/2 bungkus kulit gyoza merk Happy Belly
– 1 siung bawang putih parut / bisa ganti garlic powder
– 1 sdm kecap asin
– gula, garam, merica, penyedap sesuai selera
– jamur (opsional)
(Setelah dibungkus dengan kulitnya: pakai 3sdm minyak, dan 6sdm air di teflon (perbandingan 1:2, menyesuaikan aja ama jumlah gyoza diteflonnya) lalu ditutup teflonnya)
.
Dipping sauce: 3sdm sambal bangkok, 1sdm garlic powder, 2sdm corn syrup, sejumput merica, garam, gula menyesuaikan.

GADO GADO

bahan:
– kentang diiris tipis kemudian digoreng kering, tahu goreng
– telur rebus, tomat, timun iris tipis, selada segar
– labu siam/waluh, tauge rebus, kol rebus
– 1siung bawang putih, bumbu kacang yang sudah jadi, Gula, air sedikit, garam, penyedap, merica sesuai selera (biar lebih enak diblender lagi ditambahkan 1/2bh kentang rebus)

Resep Kue Berbahan Alpukat

Alpukat merupakan buah yang disukai banyak orang. Rasa dari buah alpukat adalah manis dan untuk teksturnya sangat, yang cocok dimakan kapan saja. Buah alpukat juga dapat di olah menjadi berbagai hidangan asin, manis, hingga gurih.

Selain enak, buah alpukat juga terdapat manfaat dan nutrisi untuk kesehatan yaitu Vitamin C, K, B5, B6, E, A, niasin, folat, magnesium, riboflavin, dan tiamin. Maka tidak heran jika buah alpukat di percaya dapat menyehatkan organ pencernaan. Selain itu alpukat juga bisa menjadi menu bagi anda yang sedang program diet.

Tidak hanya aneka minuman saja, alpukat juga bisa di hidangkan sebagai kue. Mulai dari Brownies sampai dengan Puding. Berikut resep kue alpukat yang enak dan tidak membuat anda merasa bosan.

1. Avocado Tiramisu Cake.

Bahan 1:
– 90 gr fruktosa
– 4 putih telur
– 8 kuning telur
– Ekstrak vanilla
– 1 sdt SP

Bahan 2:
-15 gram susu bubuk
– 10 gram maizena
– 1/2 sdt BP
– 60 gram terigu protein sedang

Bahan 3:
– 50 gr mentega, cairkan
– 50 gr margarin, cairkan
– 1 sdm susu kental manis cokelat
– 2 sdm bubuk cokelat black forest

Bahan krim alpukat:
– 300 gram buah alpukat
– 125 gram gula bubuk
– 75 gram whip cream bubuk
– 1 sdt kopi, larutkan dengan air
– 350 gram whip cream kocok
– 15 gram gelatin bubuk, kemudian rendam dengan menggunakan air es dan panaskan sampai butiran gel larut

Bahan ganache:
– 100 ml whip cream
– 200 gram cokelat hitam
– 200 gr cokelat hitam

Bahan sirup:
– 100 gram gula pasir
– 250 ml air
– 1 sdm kopi instan

Cara membuat:
1. Sediakan ganache, panaskan whip cream dan mentega, kemudian masukkan
coklat. Aduk sampai merata dan disisihkan.

2. Buat sirup, masak semua bahan sampai gula larut. kemudian di sisihkan.

3. Kocok bahan ke-1 sampai mengembang, pucat, dan kental.

4. Masukkan bahan ke-2 pada adonan, lalu aduk sampai merata.

5. Masukkan campuran bahan ke-3, lalu aduk sampai merata.

6. Tuang adonan ke dalam loyang yang berukuran 30×40, kemudian di panggang dengan suhu 200 derajat celcius kurang lebih 10 menit atau hingga matang.

7. Jika kue sudah matang, potong menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama.

8. Taruh 1 lembar kue ke dalam ring atau spring form. Kemudian olesi dengan sirup, dan juga oles dengan cream. Tumpuk lagi dengan kue 1 lagi . Olesi lagi dengan sirup dan juga cream. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam. Setelah dingin, siram dengan ganache dan sajikan.

Cara Membuat Kue Bolu Lemon

Lemon cake adalah kue yang masuk di dalam kategori kue bolu butter. Proses membuat kue lemon adalah dengan mengocok mentega bersamaan dengan gula sampai tercampur dengan merata. Kemudian masukan bahan-bahan yang lain secara satu per satu hingga adonan kue terbentuk.

Walau banyak olahan lemon cake yang menggunakan essense lemon atau pasta lemon. Tetapi dengan menggunakan lemon yang asli maka rasanya akan lebih nendang dan juga mantap. Membayangkan aroma butter yang di padukan dengan aroma lemon pasti rasanya sangat mengundang selera. Selain dengan menggunakan fresh lemon juice (jus lemon), lemon cake ini juga bisa menggunakan parutan kulit lemon, Cara membuat kue lemon ini juga tidak jauh berbeda dengan cara membuat kue bolu lainnya.

Berikut adalah cara membuat kue bolu lemon.

Bahan-Bahan:
– 230 gram Butter
– 175 gram Gula pasir halus
– 1 sdt Pasta vanilla
– 225 gram Tepung terigu
– 25 gram Susu bubuk
– 5 gram Baking powder
– 5 butir Telur
– 1 buah Lemon ambil parutan kulit lemon
– 60 ml Air lemon

LEMON FROSTING:
– 100 gram Gula gula bubuk atau gula icing
– 20 ml Susu cair
– 1 sdm Air jeruk lemon peras
– 1/4 sdt Parutan kulit jeruk lemon

GARNISH:
– Parutan kulit lemon secukupnya
– Irisan tipis lemon secukupnya

Cara-cara Membuat Lemon Cake

1. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Kemudian di sisihkan.

2. Masukkan butter, gula, dan pasta vanilla ke dalam wadah. Kemudian mixer dengan kecepatan sedang saja sampai adonan mengembang, creamy, dan pucat. Lalu matikan mixer dan di sisihkan.

3. Masukkan susu bubuk, tepung terigu, dan baking powder. Kemudian saring atau di ayak lalu di sisihkan.

4. Masukkan telur satu per satu ke dalam adonan butter. Kemudian nyalakan kembali mixer dan kocok hingga merata di setiap penambahan telur.

5. Masukkan campuran tepung dalam 3 tahap secara berselang-seling dengan air lemon. Masukkan sambil terus dikocok sampai merata.

6. Tuanglah adonan ke dalam loyang yang sudah anda oles dengan butter dan taburi tipis dengan tepung terigu. Kemudian hentakkan loyang secara perlahan agar tidak ada ruang udara.

7. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang kurang lebih selama 45 menit sampai matang secara merata. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Kemudian keluarkan kue dari loyang.

8. Cara Membuat Lemon Frosting
– Campur semua bahan ke dalam panci, lalu aduk hingga larut dan merata.

– Lalu masak dengan api sedang dan aduk secara perlahan dengan whisk hingga adonan tercampur rata. Kemudian matikan api.

9. Penyelesaian
– Sediakan kue yang belum di potong di atas piring saji

– Tuang lemon frosting dengan sendok ke permukaan kue dengan perlahan, dan biarkan hingga frosting menjadi mengering atau membeku.

– Hiaslah permukaan kue dengan garnish. Kemudian di potong-potong

– Kemudian kue bolu lemon sipa untuk di sajikan.

10. Pastikan anda mengocok adonan butter sampai mengembang agar kue dapat mengembang dengan baik.